banner 728x250

Plt Sekda Ajak Pengurus Komite Sekolah Bersinergi Majukan Mutu Pendidikan

  • Bagikan

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda) Kota Banda Aceh Muzakir Tulot mengatakan, Forum Komite Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam upaya mengembangkan pendidikan di sekolah.

Pernyataan tersebut, disampaikannya saat membuka acara Pembinaan Komite Sekolah dengan tema “Diskusi Kelompok Terfokus Peningkatan Peran dan Fungsi Komite Sekolah SD/MI dan SMP/MTSN Dalam Kota Banda Aceh Tahun 2020”, di Balai Kerukon. Kamis, 12 November 2020.

Selain Plt Sekda, turut hadir di sana Kepala Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Banda Aceh Salman Ishak, Kepala Sekertariat MPD Yusnidar beserta pengurus, dan para Ketua Komite pra sekolah dasar dan menengah se-Banda Aceh.

Munurut Muzakir Tulot, keberadaan Forum Komite Sekolah sangat diperlukan sebagai penghubung antara dinas pendidikan, satuan pendidikan, dan masyarakat.

“Untuk itu melalui kegiatan pembinaan ini peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu mendapat dukungan dari seluruh komponen pendidikan, baik guru, kepala sekolah, siswa, orang tua/wali murid, masyarakat dan institusi pendidikan,” jelasnya.

Dia berharap, melalui pembinaan ini, Dewan Pembina Sekolah dan kepala sekolah dapat bersinergi bersama Pemerintah dalam mewujudkan mutu pendidikan yang berkualitas sesuai visi dan misi Pemerintah Kota Banda Aceh.

Muzakir Tulot mengibaratkan, seperti penggalan lirik “Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya” dalam lagu Indonesia Raya. “Jelas artinya bahwa membangun jiwa masyarakat yang makmur, sehat jasmani dan rohani, hal itu dapat dilakukan melalui mutu pendidikan yang baik. Alhamdulillah kita patut bersyukur dan berbangga di tengah pandemi Covid-19, masih ada pelajar Kota Banda Aceh yang meraih prestasi di tingkat nasional.”

Dalam kesempatan itu, Muzakir Tulot mengucapkan selamat kepada salah satu siswa Muhammad Arif Khalfani Ismail dari SMP Fatih Bilingual School serta guru pembimbing atas prestasi yang diraih berhasil mendapat medali emas dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) Bidang Studi IPA jenjang SMP Tingkat Nasional Tahun 2020.

“Mudah-mudahan menjadi pemicu bagi siswa yang lain untuk meraih juara di kompetisi serupa pada masa akan datang,” kata Muzakir.

Selain itu, Ketua MPD Kota Salman Izhak dalam sambutannya mengatakan, maksud kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah untuk meningkatkan peran komite sekolah.

Menurutnya, komite sekolah berperan penting dalam mengambil kepastian keberhasilan belajar di sekolah. Kata Salman, berdasarkan pengalaman, dia melihat saat ini terjadinya miskomunikasi dan saling menyalahkaan antara komite, kepala sekolah dan guru pengajar.

“Berdasarkan pengalaman itu, kami berkewajiban untuk menyampaikan ini pada komite sekolah, jangan sampai saling menyalahkan satu sama lainnya,” sebutnya.

Kata Salman, ketika ada masalah dalam kegiatan sekolah, para pengurus komite harus berfikir positif. “Adanya masalah atau keluhan dari masyarakat tentang pendidikan, berarti masyarakat masih menganggap pendidikan merupakan sesuatu yang penting dan menjadi kebutuhan mendasar,” jelasnya. (Mer)

  • Bagikan