banner 728x250

Aminullah Ajak Masyarakat Budidaya Lele

  • Bagikan

Serahkan 300 Paket Aquaponik untuk Warga Banda Aceh

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman didampingi Wakil Wali Kota Zainal Arifin menyerahkan 300 paket budidaya ikan Lele yang dikombinasikan dengan aquaponik kepada warga Kecamatan Meuraxa, Selasa 15 Desember 2020 di halaman kantor camat setempat.

Adapun per paket bantuan tersebut terdiri dari 35 ekor bibit Lele, wadah (ember) pemeliharaan, pot aquaponik, pakan ikan, dan aerator oksigen. Turut hadir pada prosesi penyerahan Plt Sekda Muzakkir Tulot, Kepala DP2KP Zulkifli Syahbuddin, dan para keuchik serta perangkat gampong se-Meuraxa.

Dalam sambutannya, Aminullah mengatakan penyerahan paket bantuan itu merupakan bagian dari program ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah pusat. “Kita uji coba dulu di Kecamatan Meuraxa. Kalau berhasil nanti akan kita dukung lagi berikutnya dan perluas di kecamatan lain.”

Ia pun mengungkapkan keyakinannya jika budidaya lele dalam ember yang dipadu dengan bercocok tanam aquaponik bisa meningkatkan perekonomian warga kota. “Ini cocok diterapkan di kota kita yang memiliki lahan terbatas. Hasilnya nanti, baik ikan dan sayurnya, selain bisa dikonsumsi sendiri, juga bisa dijual untuk menambah pendapatan keluarga,” katanya.

Pada kesempatan itu, wali kota turut mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Saat ini penyebaran Corona sudah turun drastis. Pasien terkonfirmasi positif tinggal 49 orang lagi, dan hanya tiga orang yang masih dirawat di rumah sakit.”

“Kalau pakai masker jangan karena takut kena razia, tapi agar diri dan keluarga jauh dari Covid-19. Insya Allah jika kita semua patuh, akhir bulan ini Banda Aceh bisa masuk ke zona hijau atau minimal kuning, sehingga semua aktivitas masyarakat bisa berangsur pulih kembali,” ujar Aminullah.

Mewakili para penerima bantuan, Camat Meuraxa Ardiansyah mengucapkan terima kasih atas perhatian wali kota dan dinas terkait dalam upaya pemberdayaan ekonomi warga Meuraxa. “Kami berharap program ini dapat berhasil, sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Insya Allah sesuai komitmen Pak Wali akan kita lanjutkan pada masa mendatang,” katanya. (Jun)

  • Bagikan