banner 728x250

Chek Zainal Harapkan Budidaya Sistem Bioflok Jadi Pionir Kebangkitan Perekonomian Kota

  • Bagikan

Wakil Wali Kota Apresiasi DP2KP Banda Aceh dan Panitia Pelaksana Pelatihan

Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin mengharapkan budidaya Udang dan Lele dengan sistem bioflok dapat menjadi pionir kebangkitan perekonomian kota.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota saat menutup secara resmi Pelatihan dan Magang Budidaya Udang dan Lele dengan Sistem Bioflok di Hotel Ayani, Sabtu 5 Desember 2020 malam.

Ia memproyeksikan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Banda Aceh dapat terus tumbuh. “Termasuk di sektor perikanan yang dengan sistem bioflok ini dapat menjadi solusi keterbatasan lahan, sebagaimana yang diharapkan Bapak Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.” Kata Chek Zainal, sapaan akrab Wakil Wali Kota.

Ia pun berharap budidaya dengan sistem bioflok dapat menjadi pionir kebangkitan perekonomian kota. “Minimal untuk kebutuhan keluarga sehari-hari sudah bisa terpenuhi, mulai dari sayur-mayur hingga lele dan udang,” ujar Chek Zainal

Tak ketinggalan, Wakil Wali Kota mengapresiasi Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Banda Aceh dan panitia pelaksana pelatihan. “Ini konsep dan sasarannya sangat tepat karena sebelum digelar memang sudah disurvei terlebih dahulu.”

“Dan Insya Allah usai pelatihan ini, bapak-ibu akan terus kita bina dan dampingi termasuk kita bantu akses permodalan. Dari 41 peserta akan kita bentuk 20 kelompok usaha,” kata Wakil Wali Kota seraya mendorong para peserta untuk membentuk sebuah asosiasi budidaya lele dan udang.

Sebelumnya di tempat yang sama, Ketua Panitia Ahmad Badrun melaporkan selama pelatihan, para peserta dibekali materi selama 12 jam pelajaran setiap harinya. “Bukan hanya teori, peserta juga magang di tempat budidaya Lele di Gampong Puni, Aceh Besar dan budidaya Udang di Alue Naga.”

“Kita juga melakukan kunjungan ke lokasi budidaya di Cot Paya dan Peukan Bada, Aceh Besar. Alhamdulillah semua peserta sangat antusias, disiplin, dan layak mendapatkan sertifikat,” katanya pada acara yang ditutup dengan penyerahan sertifikat kelulusan kepada para peserta oleh wakil wali kota. (Jun)

  • Bagikan