banner 728x250

Hj Nurmiaty Dukung Peningkatan Keterampilan ODGJ

  • Bagikan

Banda Aceh – Tim Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banda Aceh siap mendukung dan membantu meningkatkan keterampilan Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) yang sudah sembuh, agar dapat memiliki keahlian sehingga dapat bekerja.

Hal itu disampaikan Ketua Dekaranasda Banda Aceh Hj Nurmiaty, selesai mengikuti pertemuan Koordinasi Rehabilitasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Mandiri bersama Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh di Hotel Kyriad Muraya. Rabu, 2 Desember 2020.

Turut hadir dalam acara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, perwakilan Unsur Forkopimda, pengelola program jiwa, dan para kepala puskesmas yang ada di Kota Banda Aceh.

Kata Nurmiaty, sesuai dengan peran Dekranasda yaitu memberdayakan ekonomi masyarakat lewat pengembangan ketrampilan dan usaha kerajinan, sudah tentu tugasnya membantu semua masyarakat agar dapat hidup sejahtera, termasuk ODGJ.

“Kami siap membantu dalam meningkatkan ketrampilan atau keahlian ODGJ yang sudah sembuh agar dapat memiliki pekerjaan dan menghasilkan rupiah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” jelasnya.

ODGJ yang sudah sembuh, jelas Nurmiati, memiliki hak hidup dan beraktivitas yang sama seperti masyarakat lain. Tentunya dibutuhkan dukungan semua pihak baik rumah sakit, masyarakat dan juga pemeritah.

“ODGJ memiliki hak untuk bekerja seperti masyarakat lainnya. Hal ini bisa terwujud jika kita semua membantu mereka menjadi SDM yang berkualitas,” jelas Ketua Dekranasda Kota.

Di sela diskusi, Nurmiati menyampaikan bahwa Dekranasda Kota selama ini telah membuat berbagai program pelatihan untuk masyarakat dan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Misal, pembuatan kerajinan tangan, pelatihan kursus menjahit, dan kegiatan lainnya yang bermanfaat.

“Ke depan kita harap pelatihan ini juga bisa kita terapkan untuk melatih para ODGJ yang telah sembuh. Kita berharap setelah kita latih ketrampilan, nantinya mereka bisa membuka usaha dengan mandiri,” harap Nurmiaty.

Disamping itu, Nurmiaty mengapresiasi para petugas Rumah Sakit Jiwa yang selama ini telah bekerja keras dalam membantu rehabilitasi ODGJ. “ Saya mengapresiasi kerja keras petugas Rumah Sakit Jiwa yang sangat sabar dalam mengemban tugas untuk menyembuhkan ODGJ, semoga semua kebaikan dibalas oleh Allah,”. (Mer)

  • Bagikan