banner 728x250

Wali Kota Ajak Seluruh Perkantoran Perindah Kota dengan Taman

  • Bagikan

Untuk Keindahan Kota dan Menarik Wisatawan

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak seluruh perkantoran pemerintah dan swasta untuk ikut andil dalam memperindah kota dengan taman. Menurutnya, sebuah kota tidak cukup hanya bersih tapi juga harus indah.

Dan untuk itu, diperlukan partisipasi segenap elemen kota tak terkecuali perkantoran. “Kota yang bersih dan indah akan menambah daya tarik wisatawan ke Banda Aceh,” katanya, Kamis 24 Desember 2020 di sela-sela waktu senggangnya menata taman di pendopo.

Bukan sekedar ajakan, wali kota juga mewacanakan pemberian penghargaan khusus bagi perkantoran yang memiliki taman terindah. “Ini sebagai motivasi agar kita semua mau terlibat dalam memperindah kota. Harapannya, gerakan ini akan turut menular ke rumah-rumah warga,” ujarnya.

Ia pun mendorong setiap kantor agar menyediakan space lahan untuk taman. “Jangan halaman kantor dibeton atau dipasang paving block semua. Sediakan lahan untuk ruang terbuka hijau berupa taman yang bisa ditanami beraneka ragam tanaman seperti pohon dan bunga. Pasti lebih indah dan asri.”

Selain itu, Aminullah menyebut keberadaan taman penting bagi penduduk suatu kota, karena memiliki multimanfaat. “Dari sisi kesehatan ia menghasilkan oksigen dan mengurangi karbondioksida. Kemudian menyerap air hujan sehingga bisa mencegah terjadinya banjir,” ungkapnya.

Taman yang dipenuhi bunga warna-warni juga bisa menjadi tempat bersantai atau spot wisata alternatif. “Bunga itu indah, wangi, sejuk, nyaman, dan segar. Bagi pekerja kantor sendiri atau warga setempat dapat memanfaatkannya untuk sekedar menghilangkan penat di tengah aktivitas sehari-hari,” ujarnya.

Di saat bersamaan, ujarnya lagi, Pemko Banda Aceh melalui DLHK3 terus berupaya menambah ruang terbuka hijau di setiap sudut kota. “Taman-taman terus kita bangun untuk memperindah kota. Tujuannya agar warga semakin nyaman tinggal di kota ini dan wisatawan pun betah berlama-lama,” demikian Aminullah Usman. (Jun)

  • Bagikan