banner 728x250

Wali Kota Salurkan Zakat Senif Fisabilillah Rp 1,7 Miliar untuk 783 Penerima

  • Bagikan

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyalurkan zakat bagi senif fisabilillah senilai Rp 1,7 miliar untuk 783 penerima. Prosesi penyerahan secara simbolis zakat yang dihimpun via Baitul Mal Banda Aceh itu digelar di halaman pendopo, Kamis 17 Desember 2020.

Dana zakat tersebut diberikan kepada 220 pelaku usaha, bantuan bagi 162 TPA/TPQ, dan operasional bagi 101 masjid. Selain itu juga diberikan dalam bentuk beasiswa setengah penuh bagi 300 siswa tingkat SMP sederajat se-Banda Aceh.

Kepala Baitul Mal Banda Aceh Asqalani mengatakan, total nilai zakat yang disalurkan kali ini mencapai Rp 1,7 miliar. “Rinciannya, masing-masing kita berikan Rp 2 juta bagi pelaku usaha, serta Rp 5 juta untuk operasional masjid.”

Kemudian beasiswa untuk per siswa SMP sederajat diberikan Rp 900 ribu dan Rp 1,8 juta. Bagi setiap TPA/TPQ diberikan Rp 2,5 juta. Dana tersebut  ditransfer langsung ke rekening masing-masing, kata Asqalani melaporkan.

Wali Kota Aminullah mengapresiasikan Baitul Mal Banda Aceh yang telah konsisten menjaga amanah ummat itu. “Semoga apa yang diberikan ini menjadi manfaat bagi bapak dan ibu sekalian,” ucap Aminullah.

Aminullah meminta para penerima manfaat mendoakan para muzakki, dan agar ke depan akan lebih banyak lagi muzakki yang menyetorkan zakatnya ke Baitul Mal Banda Aceh.

“Mari kita doakan serta memberikan dukungan bagi para muzakki, dan pengurus Baitul Mal agar diberikan kesehatan, dan bisa terus mengelola amanah ini dengan baik,” katanya

Miniati, salah seorang penerima bantuan di bidang usaha kecil mengucapkan terima kasih kepada wali kota dan Baitul Mal. “Saya sehari-hari berdagang pisang goreng, dengan bantuan ini akan sangat membantu memperkuat modal usaha kami. Terima kasih Pak Wali dan pihak Baitul Mal, hanya Allah SWT yang mampu membalas semuanya,” ucapnya.

Salah seorang penerima bantuan zakat operasional masjid di Gampong Lampaseh Kota, Samsul Bahri juga menyampaikan hal yang sama. Dirinya mengaku senang dan bahagia mendapatkan zakat yang bisa dirasakan bagi orang banyak.

“Terima kasih Pak Wali, ini sangat tepat waktu. Karena menghadapi musim pandemi seperti ini kita tak bisa berbuat banyak, bantuan ini akan kita manfaatkan sebaik mungkin,” katanya. (Riz)

  • Bagikan