banner 728x250

Chek Zainal Harapkan Peran Generasi Milenial Memajukan UMKM Banda Aceh

  • Bagikan

Banda Aceh – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu tulang punggung ekonomi negara. Pertumbuhan UMKM terus didorong oleh banyak pihak, mulai dari pembinaan hingga pemberian modal.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Banda Aceh sangat optimis generasi milenial memiliki potensi besar untuk menjadi motor penggerak UMKM ditengah kondisi pandemi Covid-19, mengingat generasi milenial sangat akrab dengan digitalisasi yang dibutuhkan UMKM dalam menjangkau aspek pemasaran yang lebih luas.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPD PAN Kota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin dalam sambutannya saat membuka kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan Indonesia Recovery “Peran Generasi Milenial Dalam Memajukan UMKM Kota Banda Aceh”, Jumat 8 Januari 2021 di Aula ITLC Banda Aceh.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh DPD PAN Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) tersebut menghadirkan trainer dan motivator muda Indonesia yang juga Presiden of OIC Youth Indonesia serta penerima dua Rekor Dunia MURI International Public Speaker, Mr Syafii Efendi yang juga pemilik dari enam Kampus di Indonesia.

Kegiatan yang digelar dengan menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) 4M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Usman SE, Sekretaris PAN Banda Aceh Zaki Musa SH, politisi PAN Topa Ningsih yang juga ketua panitia kegiatan.

“Generasi milenial sangat berperan penting dalam membangkitkan UMKM melalui pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), kami harapkan kepada seluruh generasi milenial atau kaum muda khususnya yang ada di Kota Banda Aceh, dengan adanya teknologi informasi komunikasi, kita harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin ke hal-hal yang positif, dan hindari berbagai hal negatif seperti bermain game judi online,” ujar sosok yang akrab disapa Chek Zainal ini.

UMKM menjadi sektor yang sangat terdampak pandemi. Tentunya disini kami sangat berharap agar para generasi muda mampu menciptakan terobosan untuk membangkitkan kembali sektor ini. “Pemerintah Kota Banda Aceh akan mendorong para anak muda untuk membuka usaha yang kreatif dan inovatif dengan menciptakan kemudahan berusaha dan bantuan akses permodalan.” Kata Chek Zainal yang juga Wakil Wali Kota Banda Aceh.

Seperti yang telah di luncurkan oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman yaitu Program Pembiayaan Pemuda Entrepreneur (Propamen), guna inovasi baru untuk memberdayakan pemuda agar tetap produktif dan turut serta dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif/UMKM. Terangnya.

“Program tersebut diluncurkan oleh Pak Wali Kota Aminullah Usman guna mendukung para pemuda di Banda Aceh yang terkendala dengan modal usaha dan program tersebut dijalankan oleh Lembaga Keuangan Mikro Mahirah Muamalah Syariah (MMS) milik Pemerintah Kota Banda Aceh dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Women Development Center (WDC). (Ad)

  • Bagikan