Wali Kota Resmikan Rumah Produksi Kasab Lambhuk

  • Bagikan

Untuk Hidupkan Ekonomi Masyarakat

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meresmikan Rumah Produksi Kasab dan Souvenir Aceh bertempat di Gampong Lambhuk, Kecamatan Ulee Kareng pada Selasa 26 Januari 2021.

Bertipe rumah adat Aceh dengan ukuran 8 x 12 meter, tanah bangunan tersebut merupakan waqaf dari warga setempat. Anggaran dananya dari pemerintah pusat (APBN) melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Dalam sambutannya, Wali Kota Aminullah mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR, khususnya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh yang telah memperjuangkan tempat industri yang representatif tersebut.

Aminullah menuturkan, selama ini Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh telah banyak mendukung pembangunan di Ibu kota Provinsi Aceh ini.

“Atas nama masyarakat Banda Aceh, dan Aceh umumnya, kami menyampaikan terima kasih banyak kepada bapak menteri melalui BWS Aceh. Banyak sekali bantuan yang kami rasakan,” ujar Aminullah.

Dengan adanya rumah produksi ini, menurutnya, sangat membantu perekonomian masyarakat sekitar. Bahkan Aminullah berharap rumah produksi ini nantinya dapat memberikan dukungan bagi kebangkitan ekonomi dan UMKM di Banda Aceh.

“Sebagaimana kita maklumi Banda Aceh adalah kota dagang, jasa, dan pariwisata. Akhirnya setiap wisatawan yang datang ke Aceh tidak hanya berlibur, tapi mereka juga bisa membawa pulang souvenir asli Aceh melalu rumah produksi seperti ini,” kata Aminullah.

Ia pun berharap kepada pengurus rumah produksi dan perangkat desa setempat agar rumah produksi Kasab dan Souvenir Aceh Lambhuk dapat dikelola dengan baik, dan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Mohon diawasi dan dijaga dengan baik, sehingga kita bisa mendapatkan bantuan serupa lainnya dari Kkmentrian melalui BWS Aceh,” katanya.

Sementara itu, Keuchik Lambhuk, Rustam AB, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kota, dan semua pihak yang telah mendukung pembangunan rumah produksi di Gampong Lambhuk.

“Tentunya rumah produksi ini sangat bermanfaat dan membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar, serta mampu mendongkrak ekonomi masyarakat di sini,” katanya.

Aminullah pun melakukan pemotongan pita dan menandatangani batu prasasti sebagai tanda diresmikannya Rumah Produksi Kasab dan Souvenir Aceh. Bersama Ibu Ketua TP PKK, Nurmiati dan Kepala BKMT, Fauziah, Aminullah turut mengunjungi stand bazar souvenir dan jajanan khas Aceh.

Dalam kesempatan itu hadir juga Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Isnaini Husda, perwakilan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh Sauji, Plt Asisten II Samsuar, Kepala Bappeda Weri, Kepala Dinas PUPR Jalaluddin, Kepala dinas Perkim Rosdi, Kepala Dinas Kopukmdag Nurdin, Kabag Prokopim Setdako Said Fauzan, Korkot Kotaku Ika Astuti, Camat Ulee Kareng Akbar Mirza, dan unsur muspika setempat. (Riz)

  • Bagikan