banner 728x250

Pustakawan MIN 2 Banda Aceh dilatih Mengelola Website

  • Bagikan

Banda Aceh – Pustakawan dan Pengelola website MIN 2 Banda Aceh dilatih dan dibekali Pelatihan Penguatan Skill bagi Pengelola Website Perpustakaan, Sabtu (1/5/2021) bertempat di ruang Perpustakaan sekolah tersebut.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan MIN 2 Kota Banda Aceh bersama Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Aceh dibuka secara resmi oleh Kepala MIN 2 Banda Aceh, Nurasiah SAg dengan menghadirkan narasumber sekaligus instruktur Arkin SIP dan M Zulkifli SIP dari Aceh Library Consultant (ALC) dan turut di dampingi secara langsung oleh Ketua PD IPI Aceh Nazaruddin Musa MLIS.

Dalam sambutannya, Kepala MIN 2 Banda Aceh Nurasiah SAg mengatakan bahwa keberadaan perpustakaan sebagai tempat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh warga sekolah dan juga sebagai salah satu pilar penting pendidikan harus mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi di era digital sekarang ini.

Oleh karena itu, kata Nurasiah peran perpustakaan saat ini dituntut untuk lebih aktif dalam memberikan layanan informasi yang dibutuhkan oleh warga sekolah dan pengelolaan perpustakaan secara professional sehingga diharapkan mampu menarik minat guru dan dan siswa untuk mendapatkan informasi, pengetahuan,rekreasi di dalam perpustakaan.

“Saat ini website Perpustakaan MIN 2 Banda Aceh sudah ada, namun belum terkelola dengan baik. Kita berharap melalui pelatihan ini pengelola website lebih serius dan mampu mengelola website denga baik”,kata Nurasiah, Sabtu (1/5) saat membuka acara.

Selain itu, Pengelola Perpustakaan MIN 2 Banda Aceh, Nora Agustina mengajak seluruh warga sekolah untuk memanfaatkan informasi yang ada di website Perpustakaan dan layanan online yang disediakan seperti katalog online perpustakaan yang dapat diakses melalui pranala https://perpustakaan.min2bandaaceh.sch.id/ dan https://opac.min2bandaaceh.sch.id/.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PD IPI Aceh Nazaruddin Musa, MLIS melalui Kabid Pengembangan Profesi, Pendidikan dan Pelatihan, Rahmad Syah Putra MPd MAg mengatakan bahwa Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Aceh sebagai mitra kerja pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan khususnya perpustakaan bertanggungjawab untuk melakukan pendampingan dan pelatihan bagi pengelola perpustakaan dan mitra kerja.

“Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Aceh dibawah kepemimpinan Bapak Nazaruddin Musa khususnya dibidang pengembangan profesi, pendidikan dan pelatihan berkomitmen untuk memberikan pendampingan dan pelatihan yang berhubungan dengan pengelolaan perpustakaan”,kata Rahmad.

Oleh karena itu, kata Rahmad Pengurus Daerah IPI Aceh siap mendukung program transformasi perpustakaan diera digital sehingga perpustakaan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Selain itu, kata Rahmad dengan perkembangan teknologi informasi diera sekarang ini tentunya paradigma perpustakaan telah berubah. Pekerjaan pustakawan dan pengelola perpustakaan menjadi sangat bervariasi, tidak sekedar memikirkan dan melakukan pekerjaan manual dan rutinitas saja tetapi juga harus mengembangkan layanan perpustakaan seperti pemanfaatan website sebagai bahan promosi perpustakaan.

“Perpustakaan sudah wajib menggunakan sentuhan teknologi, mulai dari pengelolaan perpustakaan yang selama ini dikelola secara konvensional dan juga pemanfaatan website sebagai bahan promosi perpustakaan.”,kata Rahmad Syah Putra, Sabtu (1/5) disela-sela kegiatan pelatihan berlangsung. []

  • Bagikan