banner 728x250

Catatan 4 Tahun Kepemimpinan Aminullah Usman – Zainal Arifin, Menata Peunayong Tumbuhkan Pusat Ekonomi Baru

  • Bagikan

Oleh: Reza Kamilin SSTP

Hari ini 7 juli 2021 tepat empat tahun kepemimpinan H Aminullah Usman SE Ak MM dan Drs H Zainal Arifin sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh. Mengusung Visi “Mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah, tentu banyak program yang dicanangkan dalam rangka mencapai visi tersebut, salah satunya penataan Kawasan Peunayong menjadi pusat kuliner, wisata serta perdagangan dan jasa, dan di sisi lain penataan Kawasan Peunayong ini juga ikut mewujudkan pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kota Banda Aceh.

Pemindahan Pasar Peunayong ke Pasar Al Mahirah Lamdingin merupakan suatu terobosan yang tidak mudah yang menjadi pilihan Aminullah Usman. Setelah puluhan tahun, Peunayong menjadi pusat masyarakat berbelanja Ikan, Daging, Unggas, Sayur seta Bumbu Masak, pada tanggal 24 Mei 2021, Pasar Peunayong resmi pindah ke Pasar Al Mahirah Lamdingin.

Apresiasi Keuchik Peunayong

Sebagaimana kita ketahui bersama, bangunan pasar lama yang berada di kawasan Peunayong tidak layak lagi karena kumuh, tidak tertata dengan rapi dan sering menimbulkan kemacetan. Tempat ini akan ditata kembali menjadi kawasan pusat kuliner sebagai penunjang destinasi wisata yang baru di Kota Banda Aceh. T Sabri Harun SAg selaku Keuchik Gampong Peunayong menyambut baik program pemerintah ini karena akan menjadi awal penataan Gampong peunayong ke arah yang lebih baik lagi. “Kami berterima kasih dan mendukung sepenuhnya kebijakan Pak Wali memindahkan Pasar Peunayong ke Lamdingin. Ini memang saat yang tepat, Peunayong sudah terlalu padat dan macet. Pasar yang ada juga sudah tidak representative, kondisinya yang sudah tidak sehat, tidak tertata, tidak tertib, serta terkesan kumuh dan kotor” jelas Keuchik Peunayong, T Sabri Harun.

Pelaksanaan relokasi pedagang dari Pasar Peunayong meliputi Pasar Ikan Nasabe, Pasar Sayur Kartini dan Pasar SMEP ke Pasar Al-Mahirah di Lamdingin sudah terlaksana dengan tuntas. Aktifitas pedagang yang direlokasi juga telah berjalan secara efektif dan terlaksana secara menyeluruh, suksesnya relokasi ini tidak terlepas dari kerjasama semua pihak yang terkait.

Terima kasih Keuchik Lamdingin

Keuchik Lamdingin, H Anas Bidin Nyak Syech SAg MBA menyambut gembira dan antusias atas kepindahan Pasar Peunayong ke Pasar Al Mahirah Lamdingin. Menurutnya, Pasar Al-Mahirah di Gampong Lamdingin akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru yang akan berpengaruh kepada masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Gampong Lamdingin.

“Pasar Al-Mahirah Insya Allah akan memberi banyak manfaat bagi warga sekitar, seperti bertambahnya nilai tanah dan bangunan yang ada di kawasan ini, serta sektor usaha lain seperti warung makan dan warung kopi akan ikut bertambah di kawasan lamdingin dan sekitarnya “ Ungkap Anas Bidin Nyak Syech.

“Seperti harapan Pak Wali, kami juga berharap akan terciptanya lapangan kerja baru bagi warga disekitar Pasar Terpadu Lamdingin, serta meningkatkan pendapatan masyarakat kami ,” tutup keuchik yang juga merupakan mantan Anggota DPRK Banda Aceh tersebut.

Seorang pemimpin yang dibutuhkan di era modern adalah pemimpin yang “ Inovatif dan Tranformator”. Artinya, pemimpin harus memiliki inovasi dan gagasan baru serta perubahan baru demi masa depan yang lebih baik. Sukses 4 Tahun Aminullah Usman – Zainal Arifin menahkodai Kota Banda Aceh menuju kegemilangan dalam bingkai syariah.

Penulis merupakan Camat Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh.

  • Bagikan