banner 728x250

Hj Nurmiati Launching Rumah Gizi Gampong

  • Bagikan

Banda Aceh – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Banda Aceh, H Nurmiati bersama Ketua PKK Aceh Dyah Erti Idawati secara resmi me-launching Rumah Gizi Gampong (RRG/RDS) Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh (Selasa, 6 Juni 2021).

Banda Aceh ditunjuk menjadi Pilot Projek dalam penyelenggaraan RRG. Dalam launching tersebut turut disaksikan oleh Wakil Ketua PKK Kota Hj Fauziah, Kadis P2KBP3A Cut Azharida, Keuchik Gampong Lamlagang Samsul Bahri, Camat Banda Raya Faidian Faisal, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Wardiati Amiruddin, dan unsur muspika Kecamatan Banda Raya.

Dalam sambutannya Nurmiati mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ketua TP PKK Aceh yang sejak awal sangat peduli terhadap gampong yang ada di Kota Banda Aceh khususnya untuk Program Rumoh Gizi Gampong ini.

“Seperti kita ketahui bersama, Rumoh Gizi Gampong merupakan tempat layanan penyediaan makanan bergizi bagi balita dan ibu hamil di setiap gampong di seluruh Aceh. Dengan upaya pemberian asupan makanan bergizi pada ibu hamil dan anak balita, nantinya diharapkan jumlah anak yang mengalami stunting dapat ditekan,” jelasnya.

Rumoh Gizi Gampong (RGG), kata Nurmiati merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat di tingkat desa/gampong dalam upaya pencegahan stunting. “Adapun kegiatan RGG mencakup kombinasi program-program spesifik dan sensitif untuk pencegahan dan penanganan stunting di Aceh,” ungkapnya.

Nurmiati menyebutkan ada empat kegiatan utama Rumoh Gizi Gampong yaitu; Memberikan edukasi gizi dan monitoring pertumbuhan dan konsumsi secara terstruktur pada kelompok risiko (Ibu hamil, ibu balita, remaja putri, dan lain-lain).

“Kemudian, memberikan pelayanan gizi dan memastikan kelompok risiko mendapatkan layanan kesehatan dan gizi (PMT, Suplementasi gizi), meningkatkan ketahanan dan keamanan pangan keluarga melalui pengembangan rumah pangan lestari berbasis stunting (RPL-Stunting), serta Pemberdayaan Ekonomi Keluarga,” sebut Ketua PKK Kota.

Mengingat besarnya manfaat Rumoh Gizi Gampong, maka Nurmiati mengajak kepada seluruh lintas sektor, lembaga terkait, stakeholder dan masyarakat untuk mendukung Program Rumoh Gizi Gampong tersebut.

“Banyak cara dukungan yang dapat kita berikan, salah satu nya dengan memantau atau melaporkan bila disekitar kita ada anak-anak yang kurang gizi atau membutuhkan perhatian khusus kita terkait dengan pertumbuhan dan perkembangannya,” pungkasnya.

  • Bagikan