banner 728x250

Wali Kota Pekanbaru Puji Berbagai Prestasi Level Nasional Banda Aceh

  • Bagikan

Muskomwil I Apeksi Siap Digelar di Banda Aceh

Banda Aceh – Wali Kota Pekanbaru Firdaus memuji berbagai prestasi level nasional yang berhasil diraih Banda Aceh di bawah kepemimpinan Wali Kota Aminullah Usman dan Wakil Wali Kota Zainal Arifin.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka Pra Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) secara virtual, Senin 26 Juli 2021. “Saya menyampaikan apresiasi atas beragam prestasi Banda Aceh di bawah kepemimpinan Pak Wali Kota Aminullah,” ujarnya.

Salah satu yang menjadi perhatiannya, yakni Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Banda Aceh yang terus merangkak naik. “Pada tahun 2020, IPM Banda Aceh berada di posisi terbaik dua nasional dengan poin 85,41. Ini prestasi luar biasa. Pekanbaru saja masih di angka 81,32, masih sangat jauh mengejar pencapaian Bapak,” ujar Firdaus yang juga Ketua Komwil I Apeksi itu.

Prestasi lainnya yang menurutnya mencolok adalah raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 13 kali berturut-turut dari BPK-RI atas laporan keuangan daerah dan kesuksesan Aminullah membangun smart economy, menghidupkan ekonomi kerakyatan di Banda Aceh dengan mengembangkan UMKM dan memerangi rentenir.

Ia pun mengajak seluruh peserta Muskomwil I Apeksi yang rencananya akan digelar di Banda Aceh pada 12 Agustus 2021 mendatang, untuk mencontoh best practice mantan Dirut Bank Aceh tersebut. “Saya berharap Pak Aminullah juga sudi nantinya untuk berbagi ilmu dan kiat-kiat suksesnya, karena kerja sama antar kota ini perlu terus kita tingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Aminullah yang mengikuti acara secara daring dari balai kota, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan seluruh anggota Apeksi karena telah memilih Banda Aceh sebagai tuan rumah. “Bagi kami, ini merupakan satu penghormatan besar dapat berkesempatan menjadi tuan rumah.”

Dan pihaknya pun menyatakan siap menggelar Muskomwil I Apeksi nantinya, baik secara normal (tatap muka), modifikasi (perpaduan tatap muka dan daring), dan sepenuhnya daring mengingat perkembangan situasi pandemi Covid-19. “Muskomwil I Apeksi siap digelar di Banda Aceh, dan kami juga siap menjadi tuan rumah yang baik karena ‘Pemulia Jamee Adat Geutanyo’ dan Geutanyo Mandum Tameusyadara’,” katanya.

Melalui Pra Muskomwil ini, Aminullah berharap kepada para peserta, agar dapat mengambil langkah-langkah inisiatif untuk meningkatkan potensi wilayah agar bisa bangkit di tengah pandemi. “Kesehatan dan keselamatan masyarakat merupakan hal yang paling penting. Harapan kita masyarakat pulih, ekonomi pun dapat bangkit. Dan tentu nantinya pada Muskomwil nanti kita akan melahirkan rekomendasi terkait program prioritas kedepan.”

Tak ketinggalan, ia menyampaikan apresiasi kepada Ketua Umum Apeksi Bima Arya yang sangat aktif dalam menyahuti isu-isu terkini di dalam negeri. “Semangat Apeksi adalah semangat kebersamaan. Oleh karenanya, sebagaimana arahan ketua umum, mari kita perkuat sinergi melalui kerja sama antar daerah dan berbagai pihak lainnya,” ujar Aminullah yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Apeksi Pusat.

Komwil I Apeksi sendiri terdiri dari 24 pemerintahan kota yang tersebar di Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, dan Kepulauan Riau. Usai pra muskomwil secara daring hari ini, agenda selanjutnya, yakni Muskomwil I Apeksi akan digelar di Kota Banda Aceh pada 12 Agustus 2021 mendatang.

  • Bagikan