banner 728x250

Aminullah Dinobatkan Jadi Leader in Microfinance Empowerment Initiative

  • Bagikan
Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM

Sukses Dorong Pertumbuhan UMKM dan Perangi Rentenir di Banda Aceh

Banda Aceh – Geliat kesuksesan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Mahirah Muamalah milik Pemerintah Kota Banda Aceh terus melonjak. LKMS yang digagas oleh Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM, sukses mendorong pertumbuhan ekonomi syariah dengan memberantas rentenir dan meningkatkan laju pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) di Kota Banda Aceh.

Atas keberhasilannya itu, Aminullah pun di tunjuk menjadi Leader In Microfinance Empowerment Initiative dalam penganugerahan Indonesia Visionary Leader Season VII yang diselenggarakan oleh MNC TV, yaitu sebuah ajang untuk kompetisi menilai kualitas dan kepemimpinan kepala daerah dengan tema “Kekuatan Visi Pemimpin di Tengah Pandemi”.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengucapkan terimakasih telah dinobatkan menjadi Leader In Microfinace Empowerment Initiative. Ia menuturkan akan terus berkomitmen dan optimis dalam upaya mendorong pertumbuhan Ekonomi Syariah dan membangkitkan UMKM bagi warga Kota Banda Aceh, yang juga masih berdampak pada pemulihan ekonomi di tegah pandemi.

“LKMS terus berinovasi untuk mensejahterakan masyarakat Kota Banda Aceh dengan menghadirkan program-program pembiyaan mikro perangi rentenir yang berkualitas seperti; pembiayaan Propamen untuk para pemuda entrepreneur, pembiayaan Promak bagi emak-emak, pembiayaan dana regulir, pembiayaan ijarah, dan masih banyak program pembiayaan lainnya,” ungkap Wali Kota Aminullah (Jumat, 27/8/2021)

Berdasarkan data dan survei Lembaga Survei Independen Yayasan Rumah Harta Umat bekerjasama dengan ASA Solution, dulunya sekitar 80 persen praktik rentenir merambah pasar yang ada di Banda Aceh, seperti Pasar Aceh, Pasar Ulee Kareng, Pasar Setui, dan Pasar Darussalam. Namun sejak LKSM Mahirah Muamalah diresmikan pada tanggal 24 April 2018 bisnis rentenir semakin menurun. Hasilnya memasuki tahun 2019 para pelaku UMKM di Kota Serambi Mekah menuruh hingga hanya berkisar 14 persen. Pada tahun 2020 jumlah semakin turun menjadi 2 persen.

Kata Aminullah, LKMS merupakan solusi memberantas rentenir dan pengembangan UMKM. “Lembaga ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memperoleh modal usaha dalam bentuk dana lunak. Selain memutuskan ketergantungan pada rentenir, lembaga ini juga akan memberdayakan usaha umat sesuai ketentuan agama,” jelasnya.

Lebih lanjut Aminullah menuturkan, dengan memperoleh modal dari LKMS akan berdampak positif pada pertumbuhan mikro, dan menstabilkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di tegah pandemi Covid-19 ini. Selain itu juga dapat menjadi stimulus hadirnya pelaku ekonomi yang mandiri tanpa harus berurusan dengan rentenir.

“Melalui kredit usaha kecil dan mikro, diharapkan akan lahir dan berkembang pengusaha-pengusaha kecil di berbagai lapisan masyarakat. dan para UMKM ini terbebas dari utang bunga rentenir,” pungkasnya.

Tak hanya itu, Wali Kota berjanji akan terus meningkatkaan pelayanan dan layanan, serta sistem operasional yang terus akan di perbaiki agar nasabah nyaman bermitra dengan LKMS. “Akan kita terus upayakan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat untuk mempermudah menjadi nasabah LKMS, dan Insya Allah akan kita buka cabang-cabang baru,” janjinya.

Aminullah mengungkapkan pertumbuhan aset LKMS Mahirah Muamalah juga melonjak dari tahun ke tahun. Misal 2018 memiliki aset 6 milyar lebih, 2019 naik sebanyak 26 milyar lebih, 2020 mencapai 38 milyar lebih, sementara data per Juli 2021 aset mencapai 39 milyar lebih dengan jumlah nasabah sebanyak 7160 dan 3153 debitur.

“Di tahun 2020 telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp 14 milyar lebih atau tumbuh Rp 9 Milyar Lebih. Kita sudah menyalurkan kepada para debitur yang terdiri dari industri rumah tangga, perdagangan, perikanan dan jasa. LKMS Mahirah Muamalah terus tumbuh dan berkembang dengan menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan bisnis pada sektor Ultra mikro,” ungkapnya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada para nasabah dan debitur yang selama ini sudah bermitra dengan LKMS. Kita harapkan Kota Banda Aceh menjadi kota yang maju dengan perekonomian masyarakat yang terus meningkat,” pungkas Aminullah.

Penulis: MerEditor: Ad
  • Bagikan