banner 728x250

Aminullah Terima Penghargaan dari JSI

  • Bagikan

Sukses Sebagai Wali Kota Berkinerja Luar Biasa

Banda Aceh – Tepat di hari kelahirannya, 1 Agustus 1958 – 1 Agustus 2021, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mendapatkan kebahagian ganda. Ia diberikan penghargaan oleh Jaringan Survey Inisiatif (JSI) atas pencapaian prestasi dan berkinerja luar biasa dalam menjalankan tata kelola pemerintahan selama empat tahun memimpin Kota Banda Aceh.

Penghargaan tersebut diserahkan Direktur JSI, Ratnalia Indrisari, Minggu (1/8/2021) di pendopo wali kota. Turut hadir menyaksikan penyerahan penghargaan tersebut, pendiri JSI Aryos Nivada dan para peneliti dari lembaga survey tersebut. Hadir juga Kabag Prokopim Setda Kota, Said Fauzan dan sejumlah staf.

Indri, sapaan akrab Direktur JSI mengatakan kiprah penghargaan diberikan setelah dilakukan kajian dan observasi oleh lembaga tersebut dari tingkat kepuasan publik terhadap kebijakan-kebijakan dan realisasi program yang telah dijalankan Wali Kota Aminullah dan jajaran. “Salah-satunya kinerja luar biasa Pak Wali dalam pelayanan publik di Banda Aceh sudah sangat baik,” kata Indri.

Lanjutnya, secara keseluruhan LSI melihat berbagai capaian dan kinerja Pemko selama empat tahun kepemimpinan Aminullah sangat luar biasa. “Inovasi juga luar biasa. Capaian dan kinerja itu, indikasinya kami juga dapatkan dari testimoni berbagai kalangan, ada dari kalangan ulama, kalangan muda dan elemen masyarakat lainnya,” tambah Indri.

Sementara itu, Pendiri LSI Aryos Nivada menambahkan sebelumnya pihak LSI melakukan survey dengan mengumpulkan data-data yang valid. Kemudian dilanjutkan dengan observasi di lapangan. “Saya bisa kasih contoh seperti PDAM, Wali Kota sangat berani memasang target seperti harus mampu meraih laba untuk PAD, dan itu terbukti,” kata Aryos.

Indikator lain, lanjutnya Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Mahirah Muamalah di usia yang masih tiga tahun sudah berhasil meraih keuntungan dan menyumbang PAD. “Artinya tidak lagi disusui pemerintah,” ujarnya.

Relokasi Pasar Mahirah Lamdingin juga menjadi penilaian. Kebijakan yang sempat mendapat kritikan keras dari beberapa kalangan tersebut mampu dijawab oleh Aminullah dengan bukti dan kerja keras. Pedagang Peunayong berhasil direlokasi dan menempati pasar terpadu dengan nyaman karena dilengkapi berbagai fasilitas pendukung.

Wali Kota Aminullah saat menerima penghargaan menyampaikan terimakasih kepada LSI. Apalagi penghargaan tersebut diberikan bertepatan di hari ulang tahun dirinya ke 63. “Terimakasih atas penghargaannya, ini tentu membuat kami termotivasi, dan juga jadi bahan evaluasi terhadap apa saja yang telah kita kerjakan,” kata Aminullah yang juga Ketum MES Aceh ini.

Ia kemudian mengatakan, meski usianya sudah 63 tahun tapi semangatnya seperti masih 17 tahun.

Dalam memimpin kota, ia akan terus berkomitmen membangun Banda Aceh lebih baik ke depan dalam rangka mencapai visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah. “Alhamdulillah, sampai hari ini sudah 90% mampu kita realisasikan dari cita-cita awal yang tertuang dalam RPJM. Di sisa masa jabatan, kami terus berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi warga kota,” kata Aminullah.

Ia pun berharap, JSI selalu bisa mendukung dan terus bersinergi untuk melihat sejauh mana target-target pembangunan berhasil direalisasikan.[]

  • Bagikan