banner 728x250

Wali Kota Ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT RI Ke-76

  • Bagikan

Harapkan Generasi Muda Dapat Meneruskan Perjuangan Mereka

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengikuti upacara kehormatan dan renungan suci dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 Selasa (17/8/2021).

Upacara yang diselenggarakan oleh Panitia Penyelenggara HUT Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Aceh itu digelar di di Taman Makam Pahlawan, Gampong Ateuk Pahlawan, Kecamatan Baiturrahman, Selasa (17/8/2021) tepat pukul 00.00 WIB.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan ketat dan berjalan khidmat.

Wali Kota Aminullah Usman tiba di lokasi sekitar 10 menit jelang upacara berlangsung. Ia tiba bersamaan dengan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Pangdam IM Mayjen TNI Achmad Marzuki, Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar, Wakil Ketua DPRA Safaruddin dan Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh Muhammad Yusuf.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar.

Dalam pembacaan naskah upacara kehormatan dan renungan suci ini, Kapolda Aceh menyampaikan bahwa kegiatan upacara tersebut dilaksanakan dalam rangka menghormati arwah para pahlawan atas kesucian, kebaktian dan pengorbanan para pahlawan demi memperjuangkan kemerdekaan Bangsa dan Negara Indonesia.

Sementara itu, Wali Kota Aminullah usai mengikuti kegiatan ini menyampaikan rasa syukur karena kegiatan memperingati jasa-jasa pahlawan tahun ini berjalan lancar, tertib tanpa ada hambatan.

Katanya, sebagai tuan rumah ia bersyukur karena apel penghormatan dan renungan suci berjalan dengan sukses dan khidmat meski digelar di tengah situasi pandemi Covid-19.
“Kita berdoa agar arwah para pahlawan diterima oleh Allah SWT dan diberikan tempat terbaik di sisi-Nya,” harap Aminullah.

Kepada generasi penerus bangsa, ia menyampaikan pesan  apa yang telah dilakukan para pahlawan harus menjadi inspirasi dalam rangka meneruskan perjuangan mereka.
“Kita wajib meneruskan perjuangan para pahlawan, sesuai dengan kapasitas dan profesi kita masing-masing. Mari kita isi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan berdaya guna demi kemajuan Republik Indonesia,” ajak Wali Kota Aminullah.

Sebagaimana diketahui, di Taman Makam Pahlawan Banda Aceh, dikebumikan sebanyak 400 orang pahlawan yang terdiri dari angkatan bersenjata 384 orang, pegawai sipil empat orang, pejuang rakyat tujuh orang dan pahlawan tak dikenal sebanyak lima orang.

  • Bagikan