banner 728x250

Edukasi Terkait Pengelolaan Keuangan, BPKK Banda Aceh Luncurkan Program Cang Panah

  • Bagikan

Banda Aceh – Badan Pengelolaan Keuangan Kota (BPKK) Banda Aceh terus melakukan inovasi dalam menghadapi era digital. Inovasi tersebut hadir dalam berbagai bentuk seperti pembangunan aplikasi dan sistem informasi juga edukasi terkait pengelolaan keuangan Kota Banda Aceh.

Hal ini disampaikan Kepala BPKK Banda Aceh M Iqbal Rokan dalam siaran persnya kepada awak media. Minggu, 5 September 2021.

“Sesuai arahan dari Walikota Aminullah Usman, BPKK terus berupaya menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Alhamdulillah saat ini kita telah berhasil mengembangkan beberapa sistem informasi dan aplikasi yang berguna untuk mempermudah pengelolaan keuangan,” Ujarnya.

Lebih lanjut Iqbal menjelaskan, diantara aplikasi yang berhasil dibangun tersebut diantaranya adalah aplikasi pengelolaan aset daerah yang diberi nama Sigolabang. “Selain itu kita juga telah memiliki Sistem Manajemen Penganggaran Keuangan Daerah atau Simpang Keudah.”

Iqbal juga menjelaskan bahwa dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dan ASN dalam lingkungan Pemko Banda Aceh, BPKK menghadirkan program siniar (podcast) yang rutin dilaksanakan setiap 1 bulan sekali.

“Siniar berjudul Cang Panah (Bincang Seputar Keuangan Daerah) ini akan menjadi salah satu sumber informasi mengenai perkembangan terbaru terkait pengelolaan keuangan. Misalnya pada edisi pertama, kita bicara soal Sigolabang yang menjadi bagian dari strategi penatausahaan aset. Lalu pada edisi kedua, kita membahas tentang mekanisme penyusunan laporan keuangan yang membuahkan opini WTP 13 kali berturut-turut dari BPK RI,” Jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Iqbal juga menginformasikan tentang siniar edisi ketiga yang akan dilakukan pada hari senin (06/09/2021) besok.

“Edisi ketiga nanti, kita akan membahas tentang Sistem Manajemen Penganggaran Keuangan Daerah (Simpang Keudah). Ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Pemko Banda Aceh terkait penerbitan Surat Penyediaan Dana (SPD) sesuai dengan sumber dananya.”

Sesuai rencana, siniar ini akan di isi oleh Kepala Bidang Anggaran BPKK Banda Aceh Alriandi SSTP MSi. “Bagi para ASN yang bertugas mengelola keuangan di masing-masing OPD juga masyarakat umum, dapat mengakses siniar ini di kanal Youtube BPKK Banda Aceh.” Pungkasnya.

  • Bagikan