banner 728x250

Kota Banda Aceh Raih Juara Nasional Inovasi Kemendes-PDTT

  • Bagikan

Wali Kota: “Persembahan Hendra/Nurwahid Bawa Nama Baik Aceh di Kancah Nasional”

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh di bawah kepemimpinan Aminullah Usman-Zainal Arifin kembali mengukir prestasi di level nasional. Kali ini, Kota Banda Aceh berhasil meraih juara nasional Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2021.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar kepada Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman pada acara puncak Gelar TTG Nasional XXII, Senin 20 September 2021 di Gedung Makarti, Kantor Kementerian Desa PDTT, Jakarta.

Adapun inovasi dari Banda Aceh yang menyabet juara pada perlombaan TTG tahun ini adalah Mesin Pres Jerami Horizontal Portabel yang diciptakan oleh Hendra Saputra dan Nurwahid dari Posyantek Kecamatan Banda Raya.

“Alhamdulillah, setelah mendapat juara satu tingkat Provinsi Aceh, dan dikutkan pada lomba inovasi TTG tingkat nasional, kita dapat juara peringkat empat tingkat nasional, dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia,” ujar Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman usai acara.

Ia mengatakan prestasi itu akan semakin memotivasi pihaknya untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat. “Walaupun Banda Aceh bukan daerah sentra produksi padi, karena memang tak punya lahan persawahan, tapi Mesin Pres Jerami Horizontal Portabel ini dapat digunakan untuk mengolah jerami dari daerah lain, dan dipasarkan melalui Banda Aceh sebagai kota pusat jasa dan perdagangan,” katanya.

Wali kota pun menyampaikan apresiasi khusus kepada Hendra Saputra dan Nurwahid beserta tim yang telah menciptakan alat yang sangat berguna bagi para petani tersebut. “Penghargaan atas inovasi ini merupakan persembahan Hendra dan kawan-kawan untuk membawa nama baik Banda Aceh di kancah nasional,” katanya lagi.

  • Bagikan