banner 728x250

Aminullah Launching Aplikasi Sinan Sikula

  • Bagikan

Menunjang Visi Banda Aceh Menuju Smart City

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman melaunching (meluncurkan) Aplikasi Sistem Layanan Informasi Sekolah (Sinan Sikula) pada Kamis, 21 Oktober 2021, di Aula Tekkomdik, kawasan Lampineung.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota, Sulaiman Bakri, Kepala Bappeda, Weri SE, dan sejumlah jajaran Disdukbud lainnya. Hadir pula Ketua Komisi IV DPRK Banda Aceh, Tati Meutia Asmara.

Dalam sambutannya, Wali Kota Aminullah menyampaikan apresiasi kepada Disdikbud Kota Banda Aceh yang telah berinovasi dengan baik demi kemajuan di bidang pendidikan.

“Saya sangat mengapresiasi atas penguatan di bidang pendidikan ini. Semua harus memahami, para guru, wali murid dan masyarakat umum harus paham. Jadi, harus terus disosialisasikan,” ujarnya.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi sudah sepantasnya diterapkan secara maksimal di kehidupan sehari-hari. Aminullah menilai, inovasi Sinan Sikula sangat menunjang visinya dalam mewujudkan Banda Aceh sebagai Kota Pintar (Smart City).

“Apapun bentuknya, kalau yang namanya teknologi ini adalah untuk mempermudah. Seperti di kala pandemi saat ini, segala aktivitas melibatkan tehnologi. Seminar hingga belajar pun dalam jaringan (daring),” ungkapnya.

Aminullah juga mengatakan, Banda Aceh saat ini tergolong dalam kelompok 25, dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia, yang menerapkan pelayanan secara teknologi andal.

“Targetnya, pada tahun 2025 sudah 80 persen diterapkan. Mulai dari infrastruktur, SDM dan masyarakat, harus mampu (menguasai) berteknologi,” katanya.

Wali kota pun optimis, dengan kesungguhan dari dinas PK dan jajaran, dan serta masyarakat maka bisa membangun perubahan bagi Banda Aceh, khususnya di bidang pendidikan.

“Karena teknologi ini bisa membuat efesiensi waktu dan tenaga di masyarakat kita. Kita harap Sinan Sikula ini dapat mempermudah para guru, dan segala aktivitas sekolah bisa disaksikan langsung oleh wali murid dan yang lainnya melalui aplikasi ini,” tutupnya.

Sementara itu, Kadisdikbud, Sulaiman Bakri mengatakan, sistem aplikasi bertujuan untuk mendigitalisasikan layanan yang ada di Disdikbud.

“Agar masyarakat bisa mengetahui perkembangan pendidikan di Banda Aceh. Aplikasi ini berhasil mendapat penghargaan Ki Hajar pada tahun 2019 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,” katanya.

Ia melanjutkan, Sinan Sikula merupakan gagasan dari salah seorang pegawai Disdikbud Bidang Pembinaan SMP, yaitu Evi Susanti, yang dasar tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan akses penyelenggaraan pendidikan lhususnya di Banda Aceh.

  • Bagikan