banner 728x250

Peringati Hari Pahlawan, Ganjar Pranowo Ngaku Siap Perbaiki Makam Pocut Meurah Intan Pejuang Asal Aceh

  • Bagikan

Banda Aceh – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berziarah ke makam Pocut Meurah Intan yang merupakan pejuang asal Aceh di tempat pemakaman umum Desa Tegal Sari, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Ganjar menawarkan akan memperbaiki dan membangun makam Pocut karena saat ini Pocut tidak dimakamkan di taman makam pahlawan.

“Kalau diizinkan, kita akan perbaiki. Beliau ini pejuang hebat. Dari keluarga Kesultanan dan melawan Belanda sampai dikejar-kejar dan diasingkan ke sini,” kata Ganjar, Selasa (9/11/2021).

Ganjar mengungkapkan, rencana pembangunan makam bisa dilaksanakan secepatnya karena pihak keluarga Pocut Meurah Intan sudah setuju. Bupati Blora Arif Rohman juga turut mendampingi dan mendukung pembangunan ini.

“Kalau perlu dan semuanya setuju minggu depan, bulan depan, bisa kita mulai, kita siapkan dengan baik,” ungkapnya.

Ganjar menambahkan, usulan ini telah ditandatangani perantara bersama Ikatan Pelajar Aceh Semarang dan Ikatan Masyarakat Aceh Semarang. Ganjar pun akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait pengajuan gelar pahlawan nasional.

“Ini bentuk penghormatan kita. Dari manapun kita berada, inilah Indonesia,” tambahnya.

Selain didampingi oleh Bupati Blora, saat ziarah juga terdapat puluhan mahasiswa dari berbagai daerah yang tergabung dalam Persaudaraan Antar Etnis Nusantara (Perantara) dan sejumlah warga Aceh yang ada di Jawa Tengah.

Usai berdoa bersama dan menaburkan bunga, Ganjar berbincang dengan keluarga Pocut Meurah Intan, mahasiswa dan masyarakat Aceh.

  • Bagikan