Wali Kota Buka Diklat MPC Pemuda Pancasila Banda Aceh

  • Bagikan

Aminullah: “Keberhasilan Pemko Berkat Dukungan Pemuda”

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman membuka Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kader Madya Organisasi Kemasyarakat (Ormas) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Banda Aceh pada Jumat, 26 November 2021 lalu, di Hotel Grand Aceh Syariah.

Wali Kota di dampingi Sekdako Banda Aceh Amiruddin, serta turut hadir Ketua Umum PP H Jamto Soerjosoemarno beserta rombongan, Ketua PP Aceh T Juliansyah Darwin, Ketua MPC PP Banda Aceh T Rinaldi, perwakilan DPRA, perwakilan DPRK, dan seluruh shekhorder Lainnya.

Wali Kota Banda Aminullah Usman dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Pemerintah Kota Banda Aceh dalam acara diklat kader PP merupakan wujud apresiasi atas pertemuan di Gedung Asrama Haji beberapa waktu lalu. Dimana wali kota pernah mengatakan Pemko Banda Aceh akan mendukung Ormas PP Banda Aceh bahkan PP Aceh. “Alhamdulillah pada hari ini dapat kita laksanakan diklat PP, sebagai wujud janji Pemko Banda Aceh dengan PP,” kata Aminullah.

Aminullah mengungkapkan, sesuai dengan visi dan misi Banda Aceh mewujudkan Kota Gemilang dalam Bingkai Syariah, khusunya misi untuk meningkatkan kualitas pemuda di Kota Banda Aceh. “Maka sangat tidak asing bagi saya untuk menciptakan pemuda lebih hebat melalui Ormas PP ini. Saya melihat PP ini sangat serius dan tidak main-main, dan saya ingin semua kadernya baik-baik juga,” ungkap wali Kota.

Dalam hal mendukung pemuda, Aminullah, juga telah membuat LKSM PT Mahirah Muamalah yang didalamnya memiliki program Propamen bagi anak muda yang ingin berwirausaha. “Kita punya program Propamen di Mahirah Muamalah, ini berupakan wujud dukungan untuk anak muda yang ingin menjadi wirausaha,” jelasnya.

Selain itu, Pemko Banda Aceh juga telah melakukan berbagai pelatihan bagi pemuda seperti pelatihan menjahit, serta memberikan mesin jahit dan membatu dalam segi permodalan.

“Pertumbuhan UMKM pun juga terus mengalami peningkatan. Sejak 2018 sampai Juli 2021 mengalami peningkatan sebesar 69,95 persen. Pada tahun 2018 ada 9.591 UMKM. Angka ini meningkat pada tahun 2019 menjadi 10.944 UMKM, dan meningkat lagi menjadi 12.012 UMKM di tahun 2020, dan saat ini per Oktober 2021 kita telah memiliki kurang lebih sekitar 16.950 UMKM,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Aminullah memaparkan, Kota Banda Aceh dengan visi “Banda Aceh Gemilang Dalam Bingkai Syariah”, telah meraih ragam prestasi yang membanggakan. “Salah satu contohnya yaitu, Anugerah FEBI UIN Ar Raniry Award 2021 kepada LKMS Mahirah Muamalah, atas keberhasilan selama ini mampu mendorong pengembangan UMKM dan pemberantasan rentenir di Kota Banda Aceh dari UIN Ar Raniry, dan masih banyak lainnya. Hal tersebut terlaksana berkat dukungan para pemuda,” pungkasnya.

Ketua MPC PP Banda Aceh, T Rinaldi, dalam sambutannya mengatakan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman sebagai mitra terdekat dengan Pemuda Pancasila. Selain itu ia menyampaikan, Diklat ini merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab organisasi dalam mengembleng kadernya untuk memiliki wawasan kebangsaan dalam berbangsa dan bernegara. Sekaligus menciptakan kader yang militan dengan menanam menilai sosial dan kemasyarakat serta solidaritas yang tinggi antar kader.

“Lewat diklat ini kita ingin melahirkan kader yang berwawasan kebangsaan dan siap mempertahankan Negara Kesatuan Repbulik Indonesia (NKRI) yang berlandaskan azas Pancasila dari rongrongan pihak manapun,” tegas T Rinaldi yang akrab dipanggil Popon.

Diklat tingkat Madya yang merupakan pendidikan tingkat II ini akan diikuti sebanyak 117 perserta terdiri dari pengurus, badan dan lembaga yang ada di bawah MPC PP Kota Banda Aceh. “Bagi mereka yang lulus tingkat madya ini nantinya dibolehkan ikut Diklat tingkat Utama,” kata Popon.

  • Bagikan