Meriahkan Hari Juang TNI AD, Kodam IM Kumpulkan 1000 Personil untuk Donor Darah

  • Bagikan

Ketua PMI Kota Apresiasi Kodam IM

Banda Aceh – Kodam Iskandar Muda melalui jajaran Kodim 0101/BS dan Kodim Aceh Jaya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh melaksanakan kegiatan donor darah massal pada Rabu, 9 Desember 2021.

Donor darah massal tersebut merupakan bagian dari rangkaian Hari Juang TNI AD 2021. Pendonor yang berpartisipasi dalam kegiatan itu diantaranya berasal dari jajaran Kodam Iskandar Muda, TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Laut, dan personil Polri jajaran Polda Aceh.

Komandan Kodim (Dandim) 0101/BS Kolonel Inf Muhammad Nas mengatakan, donor darah yang pihaknya gelar kali ini spesial, selain karena untuk memeriahkan Hari Juang TNI AD, kegiatan ini juga melibatkan banyak pihak diluar TNI Angkatan Darat.

“Kita melaksanakan kegiatan ini dengan bersinergi dan berkolaborasi. Jadi kita berinisiatif untuk melibatkan instansi Polri sebagai Bentuk Sinergifitas Bersama dalam kegiatan Kemanusiaan,” kata Kolonel Inf Muhammad Nas disela kegiatan.

Kolonel Inf Muhammad Nas menyebutkan, peserta yang mendaftarkan diri untuk donor darah diKodim mencapai lebih dari 1000 orang, namun sebanyak 508 orang behasil mendonorkan darahnya. Selebihnya ada yang gagal dan tidak sempat donor meski sudah mendaftar dan tetap dalam protokol kesehatan Covid-19.

Ia berharap, kegiatan kemanusiaan yang digelar pihaknya Bersama TNI AU, AL dan bersinergi dengan Polri, bisa bermanfaat untuk masyarakat, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan darah di rumah sakit bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Saya ingin, tugas, wewenang, dan jabatan saya ini jadi ladang ibadah. Sesuai dengan motto PMI, setetes darah membantu menyelamatkan nyawa orang lain. Semoga apa yang kita laksanakan hari ini bermanfaat bagi orang lain,” ujar Kolonel Inf Muhammad Nas.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengatakan, kegiatan donor darah tersebut merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah PMI dan Kodam IM sepakati. Ia mengapresiasi pihak Kodam IM Melalui Dandim 0101/BS dan juga Dandim Aceh Jaya melalukan gebrakan dalam mensosialisasi donor darah serta mamfaat untuk berdonor darah kepada seluruh personil jajaran Kodam IM dan juga Jajaran Polda Aceh yang turut berhadir dan terimakasih kepada Pemerintah Aceh dan juga Jajaran Polda Aceh yg selalu hadir dan memiliki tekad yang luar biasa dalam memberi dukungan kepada kami (PMI Banda Aceh) untuk memenuhi permintaan kantong darah dari masyarakat dengan maksimal.

“Ini (donor darah) adalah bentuk dari kesadaran kita semua. Dan ini saya rasa juga komitmen dari TNI AD yang selalu membantu masyarakat,” kata Dedi Lamra sapaan akrab Ketua PMI Kota kepada wartawan.

Ia berharap, kegiatan donor darah massal yang digelar Jajaran Kodam IM di Kodim 0101/BS dan Kodim Aceh Jaya hari ini bisa memotivasi lembaga lain, baik negeri maupun swasta, untuk membuat kegiatan donor darah rutin dalam rangka memenuhi kebutuhan darah di Kota Banda Aceh dan sekitarnya.

“Saya lihat hari ini luar biasa, antusias dari kawan-kawan prajurit luar biasa. Biarpun tidak semua berhasil untuk berdonor tapi ini aksi atau bentuk nyata tingkat kesadaran personil TNI/POLRI untuk memeriahkan acara ini. Sesuai yang disampaikan Pak Dandim 0101/BS hampir 1000 lebih personil yang hadir, ini sangat luar biasa. Semoga darah yang terkumpul hari ini menjadikan kami tambah semangat serta meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada PMI dan Menjadi sejarah dalam kepengurusan Kami,” ujar Dedi.

PMI Kota Banda Aceh terus berupaya bekerja sama dengan semua instansi dalam menyelenggarakan donor darah rutin, seperti Pemerintah Aceh, Kodam IM serta lembaga-lembaga swasta lainnya.

  • Bagikan