PMI Banda Aceh dan Kodam IM Jalin Kerjasama

  • Bagikan

Dedi Lamra: “Sama-sama Bergerak Untuk Kemanusian, Memberikan yang Terbaik Untuk Masyarakat”


Banda Aceh – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh menjalin kerjasama dengan Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kodam IM). Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) secara simbolis antara Ketua PMI Kota Banda Aceh, Dedi Sumardi Nurdin SKM MM dan Pangdam IM yang diwakili oleh Asisten Operasi Kodam IM, Kolonel Riyanto SIP.

Penandantanganan nota kerjasama ini berlangsung di Kodam IM, Banda Aceh, pada Jumat, 3 Desember 2021. Kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka menyemarakkan pergelaran donor darah rutin di lingkungan Kodam IM.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengatakan, kerjasama ini sangat berarti bagi PMI karena menambah mitra dalam menggalakkan kegiatan donor darah rutin. Selama ini, lanjut Dedi, PMI Kota Banda Aceh dan Kodam IM telah bekerja sama dalam berbagai event, namun MoA kali ini sebagai bentuk resmi dalam hubungan antar lembaga.

“Kita yang inisiasi kerja sama ini karena selama ini PMI dan Kodam sendiri sering adakan kegiatan donor darah. Jika kerja sama ini berjalan dengan baik, ini akan sangat membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah harian di Kota Banda Aceh,” kata Dedi usai menandatangani nota kerja sama.

Sosok yang akrab disapa Dedi Lamra ini berharap, kedepan lembaga pemerintah maupun instansi lain di Kota Banda Aceh juga melakukan kerja sama dengan PMI untuk menyelenggarakan donor darah rutin. Ia yakin, jika semua pihak bersinergi memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, layanan kesehatan yang diterima oleh masyarakat juga akan lebih berkualitas.

Dedi Lamra mengatakan, ada banyak orang yang membutuhkan darah di rumah sakit, baik untuk kebutuhan operasi, akibat kecelakaan, thalasemia, dan lainnya. Karena itu pemenuhan stok darah sangat penting. “Makanya kerjasama dengan Kodam IM ini sangat mulia bagi kami, dalam artian, kita sama-sama bergerak untuk kemanusiaan. Memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ujarnya.

“Terima kasih kepada Pangdam IM, Mayor Jenderal TNI Achmad Marzuki yang selama ini banyak membantu PMI Kota Banda Aceh dalam setiap kegiatan kemanusiaan yang digelar PMI. Selamat bertugas juga kepada Pangdam ditempat baru, serta kami ucapkan selamat datang kepada Pangdam baru, Mayjen Muhammad Hasan, semoga TNI dan PMI bisa selalu memberi layanan prima kepada masyarakat,” lanjut Dedi.

Asisten Operasi Kodam IM, Kolonel Riyanto mengatakan, Kodam IM siap membantu PMI dalam menyemarakkan kegiatan donor darah rutin. Ia melihat kerja sama ini sangat bermanfaat untuk meningkatakan layanan kesehatan di masyarakat. Menurutnya kebutuhan terhadap darah termasuk kebutuhan mendesak, karena itu stok darah yang ada harus mencukupi agar orang yang membutuhkan darah bisa segera mendapatkan layanan yang tepat.

“Kita sangat mengapresiasi kerja sama ini. Bulan ini kita ada kegiatan besar, Insya Alla kita akan melakukan donor darah juga di kegiatan tersebut,” kata Kolonel Riyanto.

  • Bagikan