Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, PC 0101 KB FKPPI Gelar Pelatihan dan Bimtek Budidaya Ikan Lele

  • Bagikan

Rachmad: Jika Ditekuni Dengan Serius Maka Usaha Ini Sangat Menjanjikan

Banda Aceh – PC 0101 KB FKPPI Kota Banda Aceh terus berupaya membangkitkan ekonomi dan menumbuhkan kemandirian masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya melalui program ‘Pelatihan dan Bimtek Budidaya Ikan Lele dan Produk Olahannya’ bagi masyarakat Kota Banda Aceh.

Kegiatan yang berlangsung di Al Hanifi Hotel, Lampriet, Sabtu (11/12) tersebut diikuti puluhan peserta dan digelar dengan menerapkan Protokol kesehatan yang ketat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekdispora Banda Aceh T Erwin, Kabid UKM Banda Aceh Muda Bahlia, Kasat Binmas Polresta Banda Aceh Kompol Saiful Anam, Perwakilan dari Kodim 0101 BS Kapten Sumartono, Perwakilan PD I FKPPI Aceh, KNPI Kota Banda Aceh serta jajaran pengurus PC 0101 KB FKPPI Banda Aceh.

Ikan lele memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai usaha budidaya dan olahan hasilnya, apalagi peminat ikan lele sangat besar dan kebutuhan pasar juga sangat tinggi. Ujar Ketua PC 0101 KB FKPPI Kota Banda Aceh, Rama Satria kepada NBA, Sabtu (11/12).

Ketua PC 0101 KB FKPPI Kota Banda Aceh, Rama Satria.

“Ada dua materi yang diberikan kepada para peserta dengan menghadirkan pemateri handal dibidangnya, yaitu Aldi Feriyal Farid yang mengulas seputar tentang budidaya ikan lele dan Emilia Agustina yang membahas terkait aneka produk olahan dari ikan lele, seperti kerupuk, bakso, nugget, dimsum, dan sambel.” Ujar Rama.

Rama melanjutkan, dengan digelarnya kegiatan ini juga untuk memastikan bahwa ikan lele bisa terus tersedia di Kota Banda Aceh, juga ketika warga kota sudah mulai menyukai olahan produk dari ikan lele, tentunya kita bersama pemerintah agar bersama-sama mengawal bahan baku ikannya akan terus ada. Ujarnya.

“Harus kita pastikan bahwa induk-induk dan benih-benih unggul terus tersedia untuk dibudidayakan maupun diolah menjadi aneka produk.” Pungkas Rama.

Senada dengan Rama Satria, Ketua Panitia kegiatan tersebut yang juga Ketua GM FKPPI Kota Banda Aceh, T Rachmad Kurniawan mengatakan kegiatan tidak sampai disini saja, tetapi kita akan mengawal sampai mendapatkan hasil dari materi-materi ilmu yang telah diberikan oleh pemateri kepada para peserta.

Ketua GM FKPPI Kota Banda Aceh, Teuku Rachmad Kurniawan

Lewat program ini PC 0101 KB FKPPI Kota ingin meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di ‘Kota Gemilang’ khususnya generasi muda agar lebih berdaya dan mandiri.

“Karena Jika ditekuni dengan serius maka usaha ini sangat menjanjikan, ini akan menjadi salah satu sentral ekonomi bagi masyarakat Kota Banda Aceh.” Tutup Rachmad.

  • Bagikan