Wali Kota: Rex Peunayong Akan Segera Direvitalisasi

  • Bagikan

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pada awal tahun ini berencana untuk melakukan revitalisasi Pasar Rex Peunayong. Untuk biaya revitalisasi telah dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus Aceh (DOKA) 2022 sebesar Rp 1,9 miliar pada Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh.

Menurut wali kota, kondisi Rex Peunayong sudah sangat memerlukan penataan dan perbaikan. “Revitalisasi Rex Peunayong yang akan kita laksanakan berkonsep Food Court dan menyediakan rooftop sebagai salah satu sarana pelengkap fasilitas.”

“Kita  harapkan ini menjadi salah satu lokasi kuliner yang menarik dan unik di Banda Aceh,” ujarnya di pendopo, Selasa 25 Januari 2022.

Ke depan, ujarnya lagi, Rex Peunayong diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata kuliner dan ikon kuliner legendaris yang digemari masyarakat, “Apalagi berada pada kawasan perdagangan dan dikelilingi oleh bangunan perhotelan,” ungkap mantan Dirut Bank Pembangunan Aceh ini.

Adapun proyek revitalisasi Rex Peunayong ditargetkan sudah mulai dilaksanakan pada Maret 2022 ini. “Untuk proses persiapan dan pelaksanaan akan dikawal oleh Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh. Insyaallah bisa rampung pada pertengahan tahun ini pada Juni nanti,” kata Aminullah.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdangan Banda Aceh M Nurdin menyampaikan saat ini pihaknya sedang melakukan proses penyelesaian administrasi dan sosialisasi pembangunan revitalisasi Pasar Rex Peunayong.

“Secara administrasi telah kita siapkan baik dokumen anggaran dan bahan perencanaan. Awal Februari akan tender dan insyaallah pada bulan Maret dapat segera kita laksanakan pekerjaan fisiknya sesuai arahan pak wali.”

Terkait sosialisasi kepada para pedagang juga sudah dilakukan. “Alhamdulillah respon pedagang sangat positif dan mendukung penuh program revitalisasi yang akan dilakukan. Desainnya indah dan menarik kata pedagang,” ungkap Nurdin.

“Pelaksanaan fisik revitalisasi Rex Peunayong diperkirakan memakan waktu tiga bulan dan untuk sementara waktu, para pedagang akan kita tempatkan ke lokasi Jalan A Yani atau kawasan lain di sekitar Peunayong. Nanti kita tentukan tempat jualan sementara yang tepat,” ujarnya.

  • Bagikan