banner

banner

Aminullah Dilantik Sebagai Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota

  • Bagikan

Muzakir Manaf: Pramuka di Kota Banda Aceh Akan Lebih Maju dan Mantap di Bawah Kepemimpinan Aminullah

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dikukuhkan dan dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Banda Aceh. Keputusan tersebut berdasarkan lampiran surat keputusan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Aceh Nomor 76 Tahun 2021, tentang susunan kepengurusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Banda Aceh masa bakti 2021-2026.

Prosesi pengukuhan di lakukan langsung oleh Ketua Kwartir Dearah (Kwarda) Gerakan Pramuka Aceh, Muzakir Manaf, di Aula Lantai 4 Gedung Mawardy Nurdi Balai Kota Kamis (10/2). Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Wakil Wali Kota Zainal Arifin, Sekdako Amiruddin, Ketua Kwartir Daerah Harian Aceh Jufri Effendi, Asisten I Pemko Banda Aceh Muzakir Tulot, perwakiran Forkopimda Kota, serta pengurus Pramuka se Kota Banda Aceh.

Wali Kota Banda Aceh yang telah di lantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kota Banda Aceh mengucapkan terima kasih. Ia pun mengucapkan selamat dan sukses kepada para pengurus Gerakan Pramuka Kota Banda Aceh yang baru saja dilantik, semoga para pengurus baru ini dapat memberikan performa terbaik dalam melaksanakan kerja-kerja keorganisasian di Kota Banda Aceh.

“Kita berharap dan berdoa kepada Allah SWT agar senantiasa memberikan petunjuknya kepada para pengurus Gerakan Pramuka Kota Banda Aceh dalam memikul beban tanggung jawab ini. Begitu pula, Kepada pengurus yang bertugas pada periode sebelumnya kita ucapkan terima kasih dan penghargaan atas segala pengabdian, kerja dan jasanya selama ini,” ungkapnya.

Aminullah berharap, agar pelantikan dan pengukuhan pengurus baru Gerakan Pramuka Kota Banda Aceh itu, hendaknya dapat menjadi momentum yang mendorong perkembangan Pramuka di Kota Banda Aceh, baik secara kualitas dan kuantitas dalam upaya penguatan pendidikan karakter kaum muda yang lebih baik.

“Kita ketahui bersama bahwa tantangan dan persoalan yang menghadang generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini sesuai dengan Satya Pramuka kedua yang berbunyi “Menolong sesama hidup dan ikut serta Membangun Masyarakat”, katanya.

Di samping itu, kata Aminullah, tujuan mulia pendidikan kepramukaan yaitu untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin, menjadi modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti. Untuk mencapai hal tersebut, perlu upaya untuk meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan lainnya.

“Saya berharap, semangat yang ada pada pelantikan ini menjadi energi bersama untuk memantapkan organisasi, sistem manajemen dan sumber daya, yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di tingkat cabang. Melalui dedikasi dan perjuangan bapak-ibu semua segala bentuk tantangan, hambatan dan rintangan, Insya Allah akan dapat terselesaikan dengan baik. Gerakan Pramuka adalah solusi pembangunan karakter dan watak pemuda,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap, Gerakan Pramuka di Kota Banda Aceh melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat bersama dengan seluruh jajaran, agar dapat ikut berpartisipasi dan mengambil bagian secara langsung untuk membantu penanggulangan pandemi Covid-19. Selain itu, upaya untuk melaksanakan kegiatan kepramukaan juga harus terus dilakukan.

“Sebagaimana juga dengan pendidikan formal yang saat ini terkendala oleh pandemi Covid-19, pendidikan nonformal yang dilakukan Gerakan Pramuka juga merasakan dampaknya. Namun hal itu tidak boleh membuat kita putus asa dan menyerah. Banyak kegiatan yang masih dapat dilaksanakan. Baik kegiatan daring, maupun kegiatan luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” harapnya lagi.

Kemudian, latihan-latihan kepramukaan, termasuk kegiatan menempuh Syarat Kecakapan Umum dan Syarat Kecakapan Khusus bagi para peserta didik, harus terus diupayakan. Para Pembina Pramuka diharapkan untuk dapat menginisiasi kegiatan-kegiatan kreatif yang membuat para peserta tetap bersemangat mengikuti latihan kepramukaan.

Sementara itu Ketua Kwartir Dearah (Kwarda) Aceh, Muzaki Manaf, dalam sambutannya mengatakan ikrar yang telah di ucapkan oleh para pengurus yang baru saja di lantik merupakan sebuah pernyataan tanggung jawab moral dalam melaksanakan tugas bakti dalam kepramukaan.

Ia mengharapkan, keterlibatan pengurus baru dalam kepramukaan dapat bekerja dengan ikhlas dan suka rela, karena pramuka ini adalah wadah untuk menciptakan kader-kader masa depan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan penerus bangsa yang lebih aktif dan alim dalam melaksanakan tugasnya dengan ketentuan negara dan Agama Islam.

“Mereka adalah pemegang estafet pengganti kita sekarang, baik itu sebagai PNS, guru, jaksa, pengusaha, dan lain sebagainya. Maka mari kita ciptakan kader ke masa depan yang lebih baik sesuai perintah Allah,” kata sosok yang akrab disapa Mualem itu.

Menurut Mualem, kedepan Pramuka di Kota Banda Aceh akan lebih maju dan mantap di bawah kepemimpinan Aminullah. Hal itu pun sudah di buktikan dengan prestasi Pramuka Kota Banda Aceh yang meraih juara umum selama tiga kali berturut-turut. “Oleh sebab itu wajar kalau Banda Aceh saya katakan lebih mantap dan maju,” ungkapnya.

Sebagai informasi, selain di kukuhkan Ka. Mabicab beserta pengurus, dalam acara tersebut juga dilantik pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan (LKP) Gerakan Pramuka Cabang Kwartir Kota Banda Aceh, yaitu berdasarkan lampiran surat keputusan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Aceh Nomor 77 Tahun 2021 tentang LKP Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Banda Aceh masa bakti 2021-2026, yang di ketuai oleh Juanda. (Mer)

  • Bagikan