banner

banner

Impian M Thaib Tempati Rumah Layak Huni Terwujud Melalui Program ‘Bedah Rumah’

  • Bagikan

“Warga Kagum dengan Program Brilian Pak Aminullah Bantu Warga”

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyerahkan secara resmi sebuah rumah layak huni bagi M Thaib warga Gampong Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Senin 14 Februari 2022.

Setelah bertahun lamanya tinggal di atas lahan sempit dengan bangunan seadanya, pria 64 tahun itu kini bisa bernafas lega. Impiannya memiliki rumah layak huni diwujudkan Wali Kota Aminullah dengan dana CSR Bank Aceh Syariah.

Ternyata, bantuan rumah bagi M Thaib ternyata sudah lama diupayakan oleh perangkat gampong, baitul mal, hingga pemerintah provinsi. “Namun terkendala aturan minimal ukuran tanah 6×10 untuk mendapatkan rumah bantuan. Sedangkan tanah beliau lebarnya kurang dari dua meter dan memanjang ke belakang.”

Aminullah pun mengaku selama ini tidak mendapat laporan perihal tersebut. “Saya tahu berkat pemberitaan media, dan saya merasa risih kenapa tidak ada yang lapor sebelumnya. Akhirnya saya tinjau langsung ke lokasi dan putuskan untuk segera dibangun. Dan alhamdulillah Bank Aceh juga menyanggupi,” ujarnya.

Ia turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu program ‘bedah rumah’ untuk M Thaib. “Terutama kepada Bank Aceh, anggota dewan, muspika, perangkat gampong, para tetangga, dan pihak kontraktor sehingga dari target 10 hari bisa kita rampungkan dalam enam hari saja,” ujarnya lagi.

Selama kepemimpinannya, Aminullah telah membangun dan merehab sebanyak 722 unit rumah bagi warganya yang tergolong duafa. “Kalau dengan Bank Aceh sudah empat rumah yang kita bedah, termasuk sedang kita bedah juga satu rumah di Punge Blang Cut.”

Menurutnya, bedah rumah merupakan program sosial yang sangat menyentuh hati. “Bagaimana mungkin kita bisa tidur nyenyak sementara masih ada saudara kita, warga di sekitar kita, yang tinggal di tempat yang tidak layak,” katanya seraya mengajak semua pihak untuk berkontribusi dalam program serupa ke depan.

Di antara kerumunan, raut wajah M Thaib terlihat sendu. Karakter keras pria yang hidup sebatang kara ini luluh seketika saat Wali Kota Aminullah menyerahkan kunci rumah baru kepada dirinya. Terpancar kebahagiaan di matanya, walau nyaris tak ada satu kalimat pun terucap dari bibirnya.

“Loen bahagia that Pak Wali ka neujok rumoh” (Saya sangat bahagia sekali dengan bantuan rumah dari Pak Wali),” katanya dalam bahasa Aceh dengan suara tercekat dan mata berkaca-kaca bahagia.

Untuk M Thaib, Wali Kota Aminullah bukan hanya sekedar membangun rumah, tapi juga dilengkapi dengan perabotannya seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan peralatan dapur. Kemudian M Thaib juga mendapatkan bantuan dari Baitul Mal Kota dan Dinas Sosial Kota untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Program brilian Aminullah membantu duafa itu pun mendapat sambutan positif dari warga. Seperti disampaikan oleh Tuha Peut setempat, Ramli. “Saya mewakili masyarakat di sini, mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya untuk Pak Wali.”

“Warga kagum dengan program brilian Pak Aminullah membantu warga, dan mau langsung turun ke rumah-rumah warga  yang membutuhkan bantuan. Sentuhan Pak Wali kepada warga kami M Thaib ini luar biasa dan dalam waktu singkat mampu mewujudkan rumah yang layak kepada beliau,” ucapnya.

Usai seremoni penyerahan, Aminullah didampingi sang istri Nurmiati AR turut meninjau ke dalam rumah mungil berkelir biru berukuran 1,7×12 meter tersebut. Tampak hadir di sana, Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin, Wakil Ketua DPRK Usman, Pemimpin Kantor Pusat Operasional BAS M Fadil Ilyas, Sekda Amiruddin, dan sejumlah pejabat lainnya. (*)

  • Bagikan