banner

banner

Sambut Ramadhan, Pemko Banda Aceh Gelar Pasar Murah

  • Bagikan

Belanja Sembako Rp 250 Ribu, Cukup Bayar Rp 150 Ribu

Banda Aceh – Dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Ramadhan 1443 Hijriah dan membantu masyarakat di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota kembali akan menggelar pasar murah.

Pasar murah yang akan menyediakan empat komoditi bahan pokok berupa Beras, Telur, Minyak Goreng, dan Gula Pasir dengan harga subsidi tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dengan waktu pelaksanaaan pada tanggal 15-18 Maret mendatang di dua lokasi terpisah.

“Sebentar lagi kita memasuki bulan puasa, dan saya telah meminta Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan untuk segera membuat pasar murah. Harga sembakonya nanti kita subsidi. Belanja Rp 250 ribu, masyarakat cukup membayar Rp 150 ribu saja per paketnya,” ujar Wali Kota Aminullah di pendopo wali kota, Kamis 10 Maret 2022.

Menurutnya, kebijakan itu diambil untuk membantu masyarakat dalam menyambut bulan puasa yang masih dalam suasana pandemi. “Sekaligus sebagai upaya untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat menjelang bulan suci Ramadan,” ujar Wali Kota Aminullah.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Banda Aceh M Nurdin pun telah menyusun langkah-langkah dan rencana kerja sesuai arahan wali kota. “Kami telah menyiapkan sebanyak 5.500 paket sembako yang terdiri dari 10 Kg Beras, 2 Kg Gula, 4 liter Minyak Goreng dan 30 butir Telur (1 papan),” sebutnya.

Per paket sembako tersebut telah disubsidi sebesar Rp 100 ribu. “Harga Beras kita subsidi Rp 65 ribu, Gula Rp 6.000, Minyak Goreng Rp 20 ribu, dan satu papan Telur kita subsidi Rp. 9.000. Total subsidi Rp 100 ribu per paket. Jadi paket sembako senilai belanja Rp 250 ribu, cukup dibayar senilai Rp 150 ribu oleh warga kota,” kata Nurdin.

Adapun pelaksanaan pasar murah akan dilaksanakan selama empat hari mulai pukul 08.30 WIB hingga selesai. “Ada dua lokasi terpisah untuk menghindari kerumunan, yaitu di Pasar Al Mahirah Lamdingin pada tanggal 15 -16 Maret dan halaman Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh pada 17-18 Maret 2022,” pungkasnya.

  • Bagikan