banner

banner

Wakil Wali Kota Resmikan Enam Unit Ruko Wakaf Milik Masjid Jamik Lueng Bata

  • Bagikan

Chek Zainal: Semoga Menjadi Contoh dan Pilot Project 

Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin meresmikan enam unit rumah toko (ruko) wakaf milik Masjid Jamik Lueng Bata, Sabtu (19/3) di kawasan Jalan Dr Mr Mohd Hasan, Gampong Batoh, Kecamatan Lueng Bata.

Chek Zainal sapaan akrab Wakil Wali Kota dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada nazir yang berhasil memberdayakan tanah wakaf agar menjadi produktif, ia pun turut bangga dan haru melihat hal tersebut.

Chek Zainal berharap agar hal tersebut dapat menjadi contoh dan pilot project bagi Daerah lain dalam mengelola tanah wakaf agar dapat menjadi produktif.

“Saya yakin tidak hanya Masjid Jamik Lueng Bata saja yang memiliki tanah wakaf, namun pasti masjid juga ada namun belum terkelola dengan sebagaimana mestinya.” Ujarnya.

Wakil Wali Kota mengajak seluruh Gampong yang memiliki tanah wakaf agar dapat dimanfaatkan menjadi produktif, sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengelola dan juga Gampong serta kepada pemberi wakaf.

Zainal mencontoh seperti keberadaan Baitul Asyi, wakaf yang diberikan oleh Habib Abdurrahman bin Alwi (Habib Bugak Asyi) terkhusus untuk jemaah haji asal Aceh. 

Saat ini, wakaf Baitul Asyi yang berwujud beberapa hotel di Mekkah yang sebagian keuntungannya dibagikan setiap musim haji kepada jemaah haji asal Aceh.

Untuk itu, Chek Zainal berharap bangunan atau potensi yang sudah dimiliki oleh Masjid Jamik Lueng Bata agar terus dikembangkan. “Insya Allah dalam waktu yang tidak lama tanah kosong kembali berdiri bangunan yang membawa manfaat bagi masjid dan lingkungan sekitarnya,” 

Chek Zainal juga berpesan kepada para keuchik dan Tgk Imum gampong agar bersatu padu dalam  memanfaatkan tanah wakaf agar menjadi berdaya dan lebih produktif.

Sementara Ketua Nazir Masjid Jamik Lueng Bata, Ustaz H Ahmad Rizal Lc menyampaikan ke enam unit ruko wakaf tersebut selesai dibangun dalam tempo 10 bulan.

“Harta wakaf masjid sangat banyak. Ini salah satu yang kami bangun. Ini merupakan aset Masjid Jamik Lueng Bata, kami yang dipercayakan sebagai nazir, tentunya dengan dukungan semua pihak sehingga terlaksanalah agenda peresmian pada hari ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ustaz Ahmad Rizal mengajak semua pihak untuk mendoakan pemberi wakaf agar diberikan pahala wakaf untuknya. “Kita doakan agar pemberi wakaf ditempatkan di taman surga yang indah oleh Allah SWT,”

Dalam kesempatan yang sama, Imum Mukim Lueng Bata, H Bakhtiar Nitura juga mengajak warga untuk sama-sama menjaga dan merawat bangunan yang bersumber dari wakaf tersebut.

“Tanah wakaf itu harus produktif sehingga bisa dimanfaatkan kemaslahatan masyarakat,” pesannya.

Kegiatan yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat tersebut berlangsung khidmat dan diakhiri dengan prosesi peresmian oleh Wakil Wali Kota Chek Zainal, peusijuk dan menikmati kenduri bersama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Lueng Bata Sukmawati, Kapolsek, Mukim Lueng Bata, 9 keuchik dalam Kemukiman Lueng Bata, nazir masjid, tokoh masyarakat, serta tiga anggota DPRK Banda Aceh yaitu Royes Ruslan, Irwansyah dan Sofyan Helmi.[]

  • Bagikan