Wali Kota Bersama Pimpinan BI Bahas Pengendalian Inflasi dan Progres Digitalisasi Daerah

  • Bagikan

Aminullah Apresiasi BI dalam Upaya Pewujudan Banda Aceh Smart City

Banda Aceh – Tim Pengendalian Inflasi (TPID) Kota Banda Aceh dan pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Aceh beraudiensi dengan Wali Kota Aminullah Usman di pendopo, Jumat 19 Maret 2022. Pertemuan tersebut dalam rangka mengantisipasi risiko inflasi menjelang bulan Ramadan dan juga hari raya Idul Fitri 1443 H, serta progres percepatan dan perluasan digitalisasi keuangan daerah.

Mereka yang hadir, yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Banda Aceh Jalaluddin, Kabag Perekonomian dan SDA yang juga Sekretaris TPID Nella Vanessa. Hadir pula Deputi Bank Indonesia Perwakilan Aceh Tengku Amir Hamzah beserta jajarannya.

Wali Kota Aminullah mengatakan pengendalian inflasi daerah oleh pemerintah daerah dan TPID sangat penting, apalagi menjelang hari besar keagamaan. “Maka dari itu, pasar murah ataupun operasi pasar gencar dilaksanakan oleh Pemko Banda Aceh, dan tadi pagi kami juga ikut melakukan pemantauan ke lokasi pasar murah yang dipenuhi antusiasme masyarakat”.

Aminullah pun mengapresiasi Bank Indonesia Perwakilan Aceh yang sangat mendukung pelaksanaan Smart Economy sebagai upaya mewujudkan Banda Aceh Smart City, dengan terus menginisiasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dan juga penggunaan aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). “Ini guna memfasilitasi pembayaran digital yang lebih mudah, cepat, aman, efektif dan efisien bagi masyarakat dalam bertransaksi,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Amir Hamzah meminta dukungan wali kota untuk mendorong kegiatan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) kota banda aceh, dalam rangka finalisasi dan pengesahan roadmap ETPD Kota Banda Aceh, yang dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan High Level Meeting TP2DD.

Pihaknya turut meminta dukungan dalam pelaksanaan event MEUGAH Festival 2022 di Provinsi Aceh, sekaligus minta kesediaan wali kota untuk membuka acara bertema “Membangun Ekosistem Keuangan Digital Aceh”. ” Acaranya nanti 27 Maret 2022 di Blangpadang.

Event tersebut merupakan kegiatan nasional yang diselenggarakan Bank Indonesia dalam rangka mendorong akselerasi digitalitasi ekonomi dan keuangan di Indonesia (FEKDI). “MEUGAH Festival akan mengikutsertakan seluruh Perbankan/PJSP di Aceh dan akan diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain showcasing UMKM dan Bazaar kuliner, Edukasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah, Literasi Keuangan, dan Launching QRIS Komunitas,” ujarnya.

“Ada pula serangkaian kegiatan menarik lainnya seperti transaksi Serbu UMKM Aceh pakai QRIS untuk mendapatkan promo 70 persen dan tersedia banyak doorprize,” ujarnya lagi seraya menyampaikan terima kasih kepada Aminullah atas dukungan dan komitmen serta pencapaian luar biasa atas implementasi transaksi non tunai di Banda Aceh yang masih menduduki urutan pertama di Provinsi Aceh.

Sementara itu, Sekretaris Tim TPID Banda Aceh Nella Vanessa menyampaikan persiapan pelaksanaan High Level Meeting TPID Banda Aceh yang akan dilaksanakan Selasa 22 Maret 2022. “Ada beberapa agenda penting di antaranya diskusi terkait perkembangan inflasi, perkembangan harga dan stok komoditas strategis, persiapan Ramadan dan Idul Fitri, progres pelaksanaan roadmap TPID, serta penandatanganan MoU Pengembangan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Daerah.”

Acara tersebut, katanya, juga akan dihadiri oleh Tim TPID Banda Aceh, Bank Indonesia Perwakilan Aceh, Perum Bulog Divre Aceh, Badan Pusat Statistik Banda Aceh, serta instansi terkait lainnya.

  • Bagikan