DPRK Apresiasi Berbagai Keberhasilan Pemko Banda Aceh

  • Bagikan

Banda Aceh – Keberhasilan berbagai program pembangunan yang dijalankan Pemko Banda Aceh dibawah kepemimpinan Wali Kota Aminullah Usman dan Wakil Wali Kota Zainal Arifin menuai apresiasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh.

Pada sidang Paripurna dengan agenda penyampaian rekomendasi DPRK terhadap LKPJ Wali Kota Banda Aceh tahun anggaran 2021, Sabtu (23/4/2022) Wakil Ketua DPRK Usman yang memimpin sidang tak sungkan menyampaikan apresiasi atas berbagai capaian yang diraih Pemko Banda Aceh dibawah kepemimpinan Aminullah-Zainal Arifin.

“Masih segar dalam ingatan, bahwa beberapa tahun yang lalu, di ruangan ini kita sama-sama mendengarkan penyampaian dan penyerahan LKPJ tahun anggaran 2021 oleh saudara wali kota,” ujar Usman.

Kata Usman, dalam pidato sambutan hari jadi Kota Banda Aceh ke 817 yang disampaikan Wali Kota Aminullah Usman kemarin disebutkan capaian-capaian kinerja Pemko dalam kurun lima tahun sesuai visi dan misi yang dijanjikan.

“Kita ketahui bersama masa-masa sulit karena pandemi Covid-19, tentu sangat menyulitkan kita semua dalam menjaga pertumbuhan ekonomi. Namun berdasarkan penyampaian wali kota bahwa pertumbuhan ekonomi cenderung terjaga dengan baik dan bahkan meningkat dari angka 3,39% pada 2017 menjadi 5,55% pada akhir 2021,” kata Usman.

Ia pun menyampaikan, pertumbuhan ekonomi tersebut seiring dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di angka 85,71 pada 2021 yang kemudian menjadikan Banda Aceh berada pada peringkat ke II Nasional dari 514 Kabupaten/Kota se Indonesia.

Ia kemudian juga mengapresiasi capaian kemajuan lainnya, yakni sektor layanan publik seperti layanan air bersih PDAM Tirta Daroy yang juga telah mendapatkan predikat ‘Sehat’ dari BPKP, dimana PDAM saat ini cakupan layanannya sudah mencapai 98%.

“Cakupan layanan ini terwujud karena adanya keseriusan Pemko yang telah mengucurkan anggaran Rp17.6 M lebih untuk infrastruktur PDAM, diantaranya pembangunan reservoir di Taman Sari dan PPS Lampulo,” ungkap Usman.

Kebijakan kucuran anggaran tersebut, lanjutnya tentu harus bisa mendongkrak PAD.

Usman juga mengapresiasi kebijakan terkait layanan perizinan dan kepastian investasi Pemko yang telah mendapatkan pengakuan dari KemenPAN dan RB sebagai ‘Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan Kategori Pelayanan Prima. “Prestasi ini tidak terlepas dari hadirnya Mall Pelayanan Publik (MPP) di Banda Aceh,” kata politis PAN ini.

Kemudian ia juga mengapresiasi program Pemerintahan Aminullah-Zainal Arifin lainnya yang manfaatnya sangat dirasakan masyarakat, yakni program pembangunan rumah duafa dan program bedah rumah warga miskin.
“Kita dapat laporan targetnya 1000 rumah dari 2017 hingga 2022. Program bedah rumah juga sedang berjalan saat ini 9 unit dari target 35 unit,” tambahnya.

Capaian-capaian lainnya juga sudah banyak disampaikan dalam pidato wali kota di sidang paripurna HUT Kota kemarin sebagai kado HUT Kota Banda Aceh ke-817. “Prestasi-prestasi ini tentu sudah sepantasnya kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kinerja Wali Kota Pak Aminullah Usman dan Wakil Wali Kota Pak Zainal Arifin,” kata Usman.[]

  • Bagikan