Aminullah: MES Ujung Tombak Bumikan Ekonomi Syariah

  • Bagikan

Wali Kota Sabang Apresiasi Aminullah

Sabang – Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh, H Aminullah Usman SE.Ak MM melantik pengurus MES Kota Sabang masa bakti 2022-2025. Pelantikan dilakukan di Aula Balaikota Sabang, Jumat (13/5/2022) malam.

Pelantikan pengurus MES Kota Sabang yang dipimpin Faisal Azwar sebagi Ketum disaksikan langsung Wali Kota Sabang, Nazaruddin berserta unsur Forkopimda Sabang.

Hadir juga pada acara ini, Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin, Wabup Pidie Jaya Said Mulyadi, Wabup Pidie Fadlullah TM Daud dan Sekda Nagan Raya Ardimartha.

Dari jajaran MES Aceh hadir Sekum Sugito bersama para dewan pakar Prof Syahrizal Abbas, Prof Nazaruddin dan Zaki Fuad serta para pengurus wilayah MES Provinsi Aceh.

Usia melantik pengurus MES Kota Sabang, dalam arahannya Ketum MES Aceh Aminullah Usman mengatakan MES adalah sebuah organisasi tempat beribadah bagi para anggota. “Organisasi ini adalah organisasi gotong royong. Di sini (MES) tempat kita beribadah, bertugas membumikan ekonomi syariah,” kata Aminullah.

Ia berpesan, pengurus yang baru dilantik dapat berperan dalam mengedukasi dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Sabang agar memilih sistem ekonomi syariah dan meninggalkan sistem ekonomi yang mengandung riba. MES, lanjut Aminullah merupakan ujung tombak dalam membumikan ekonomi syariah di Aceh.
“Para pengurus harus bekerja secara terus menerus, memberikan edukasi kepada masyarakat agar meninggalkan pola-pola ekonomi yang mengandung riba dan beralih ke sistem ekonomi Islam,” pesan Aminullah yang juga Wali Kota Banda Aceh ini

Katanya, sejak Aceh memberlakukan syariat Islam, sektor ibadah dan aqidah yang lebih menonjol, sementara sektor muamalah yang meliputi sistem ekonomi syariah kurang berkembang.

Karenanya, lanjut Aminullah MES harus berperan mendorong berkembangnya sektor tersebut untuk menyempurnakan implementasi syariat Islam di Bumi Serambi Mekkah.

Dalam kesempatan in, Aminullah tak lupa menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Wali Kota Sabang dan jajaran atas sambutan luar biasa terhadap keberadaan MES.
“MES tidak bisa jalan sendiri, harus berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Saya sampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pak WalibKota Sabang, dukungan beliau terhadap MES sangat besar. Kegiatan ini terlaksana juga berkat dukungan penuh beliau,” kata Aminullah.

Bagi Aminullah, memajukan ekonomi di Aceh dan juga Sabang menjadi sebuah tanggungjawab moral.
“Seperti yang kita lakukan saat ini, selain pelantikan pengurus MES Sabang, kita juga menggelar Rakerwil dan Seminar Nasional di Sabang. Ini semata-mata sebagai bentuk dukungan MES dalam mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Kedatangan dirinya ke Sabang, kata Aminullah seperti pulang kampung karena kota yang mengandalkan sektor wisata itu merupakan bagian dari hidupnya.
“Saya punya tanggungjawab moral memajukan ekonomi Sabang. Kota ini bagian tak terpisahkan dalam hidup saya. Pesta pernikahan saya digelar di Sabang pada tahun 1982. Kota ini sangat bersejarah dalam hidup saya,” kata Aminullah.

Sementara itu, Wali Kota Sabang Nazaruddin menyambut baik kehadiran MES di kota yang dipimpinnya.

Ia mengucapkan selamat kepada para pengurus yang baru dilantik. “Ini jadi wadah yang akan edukasi masyarakat sabang untuk beralih ke sistem ekonomi syariah,” kata Nazaruddin.

MES, lanjut Nazaruddin bisa berperan dalam memajukan sektor wisata. “Sabang sebagai daerah tujuan wisata, MES bisa berperan terutama dalam hal wisata halal,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Aminullah Usman yang sering menggelar kegiatan di kota yang dijuluki Kota Seribu Benteng itu.

Kepada para peserta Rakerwil MES dan seminar nasional serta seluruh rombongan yang hadir, Nazaruddin mengucapkan selamat menikmati Kota Sabang.[]

  • Bagikan