banner

banner

Ketua MPD: Amin-Zainal Sukses Bangun Kota, IPM Dua Besar Indonesia (85,71)

  • Bagikan

Banda Aceh Juga Raih Ratusan Penghargaan Bergengsi Dalam dan Luar Negeri

Banda Aceh – Sebuah situs berita nasional, GoodStats, dalam postingannya di media sosial Instagram menampilkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Banda Aceh yang berhasil menempati posisi kedua setelah Yogyakarta.

Sebagai kota sedang yang jauh dari pusat pemerintahan Indonesia, Banda Aceh menempati posisi kedua IPM di Indonesia dengan poin 85,71. Banda Aceh berada di bawah Yogyakarta di posisi pertama dengan angka 87,18. Sementara Jakarta Selatan di peringkat ketiga dengan angka IPM sebesar 84,90.

Hasil tersebut berdasarkan pengukuran dari 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Ibukota Provinsi Aceh ini pun tergolong daerah mandiri dan sejahtera.

User Instagram dengan username Goodstats.id itu menulis, Indeks Pembangunan Manusia dibentuk oleh 3 dimensi dasar meliputi umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak.

IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Menanggapi penilaian dari situs berita milik Wahyu Aji tersebut, Ketua MPD Banda Aceh, Dr. H.Salman Ishak, M.Si, menyampaikan tanggapannya.

Tingginya Indeks Pembangunan Manusia Banda Aceh tidak terlepas dari dukungan semua stakeholder. Ia menyebutkan, dalam roda pemerintahan Amin Zainal, raihan tersebut juga berkat upaya kerja keras masyarakat dalam pembangunan Banda Aceh.

“Ini adalah apa yang kami harapkan, kerja keras Pemerintah bersama masyarakat telah berbuah hasil yang baik. Tak lepas dari sinergitas antara legislatif dan eksekutif kota yang terus menuangkan pemikiran unggul dalam memajukan Banda Aceh,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan, seratusan penghargaan bergengsi dalam dan luar negeri juga diraih Amin-Zainal dalam 5 tahun masa pemerintahannya. “Penghargaan dalam hal pendidikan, pembangunan, ekonomi dan lainnya itu banyak sekali, sampai ratusan. Ada yang dari pusat hingga kalangan masyarakat.”

“Seperti dalam hal pendidikan, Pemko telah berhasil meningkatkan kualitas pendidikan sebagai kota referensi pendidikan dengan dibarengi mendapat penghargaan Kihajar dari menteri pendidikan pada tahun 2019 lalu,” katanya.

  • Bagikan