banner

banner

MES Aceh Gelar Seminar Nasional dan Rakerwil di Sabang

  • Bagikan

Sugito: Ketum Aminullah Akan Memaparkan Bagaimana Potensi dan Peluang Aceh Membangun Sistem Ekonomi Berlandaskan Nilai-nilai Islam

Banda Aceh – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh akan menggelar Seminar Nasional dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Sabang, pada 13 s/d 15 Mei 2022.

Ketua Umum MES Provinsi Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM mengatakan dua kegiatan tersebut digelar di Sabang dari tanggal 13 s/d 15 Mei nanti.
“Iya, Rakerwil dan seminar nasional akan kita gelar di Sabang. Kegiatan ini juga kita rangkai dengan pelantikan Pengurus Daerah MES Kota Sabang,” ujarnya, Rabu (11/5/2022) di Banda Aceh.

Lanjut Aminullah yang juga Wali Kota Banda Aceh ini, seminar nasional digelar untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ekonomi syariah dan lembaga keuangan syariah, khususnya bagi masyarakat Sabang dan Aceh pada umumnya.

Pada seminar nanti, dihadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten di bidang tersebut.

Ia juga mengatakan dirinya selaku Ketum, selain membuka Raker Wilayah MES juga tampil sebagai keynote speaker pada kegiatan tersebut.

Sementara itu, Sekum MES Aceh Sugito menambahkan panitia menghadirkan lima narasumber untuk mengisi seminar nasional, diantaranya Guru Besar Halal Global International Islamic University Malaysia, Prof DR Irwandi Jaswir MSc, Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia M Arief Rosyid Hasan, Guru Besar Geo Radar ITB Prof DR Eng Ir Teuku Abdullah Sanny MSc, CEO iCAN Holiday Sendy Majafara dan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin SE MSi AK.

Selain menghdirkan sejumlah narasumber tersebut, Sugito juga memastikan Ketum MES Aceh yang juga mantan Dirut BPD Aminullah Usman hadir berbagi ilmu sebagai keynote speaker.
“Pak Ketum akan memaparkan bagaimana potensi dan peluang Aceh membangun sistem ekonomi berlandaskan nilai-nilai Islam dan menjadikan Aceh sebagai episntrum ekonomi syariah secara nasional,” katanya.

Kata Sugito yang juga dikenal sebagai Dirut Bank Hikmah Wakilah ini, peserta yang akan mengikuti seminar nasional diperkirakan lebih dari 200 orang, baik yang mengikuti secara fisik maupun secara virtual yang dapat diakses melalui link bit.ly/SeminarNasionalMES2022.

“Untuk seminar nasional, kita mengusung tema peran MES dalam mendorong ekosistem halal di Indonesia,” ungkap Sugito.

Katanya, lewat tema tersebut MES Aceh ingin berperan dengan mendorong seluruh stakeholder untuk memajukan wisata halal di Aceh mengingat Bumi Serambi Mekkah merupakan salah-satu destinasi wisata ramah muslim yang memiliki potensi besar di tanah air.
“Kita ingin MES lebih berperan dalam rangka memajukan wisata halal. Selain itu lewat seminar nasional ini kita juga ingin membantu pemerintah dalam penerapan syariat Islam terutama dalam hal implementasi Qanun Lembaga Keuangan Syariah sesuai amanah Qanun Pemerintah Aceh Nomor 11 Tahun 2018,” tambah Sugito.

Terkait dengan Rakerwil, kata Sugito kegiatan tersebut dihadiri oleh 10 Ketua Umum dan Sekretaris Umum MES daerah se Provinsi Aceh.

Rakerwil digelar untuk mensinergikan program kerja MES Pusat dengan MES Wilayah dan MES daerah, yakni MES kabupaten/kota.
“Di Raker nanti kita akan berikan sosialisasi dan edukasi terkait dengan LKS,” ungkanya.

Soal pelantikan pengurus MES Sabang, Sugito mengatakan Ketum MES Aceh Aminullah Usman dijadwalkan akan melantik kepengurusan MES Kota Sabang yang dipimpin oleh Faisal selaku Ketum terpilih.

Sejauh ini, sudah 10 kepengurusan MES kabupaten/kota yang terbentuk di seluruh Provinsi Aceh, diantaranya MES Banda Aceh, Simeulue, Aceh Barat, Aceh Jaya, Lhokseumawe, Langsa, Pidie Jaya, Pidie, Nagan Raya, dan Sabang yang akan segera dilantik.
“Pak Aminullah menargetkan dalam dua tahun ke depan seluruh daerah di Aceh akan terbentuk kepengurusan MES,” ungkap Sugito.[]

  • Bagikan