Peringati HUT Kota Banda Aceh ke 817, Pemko Gelar Donor Darah dan Sunat Massal

  • Bagikan

Wali Kota Serahkan Sepeda Motor ke Ibu Jamilah Pemenang Doorprize

Banda Aceh – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banda Aceh ke-817 yang jatuh pada 22 April lalu, Pemko Banda Aceh menggelar berbagai kegiatan bidang kesehatan, seperti donor darah, sunatan massal, pemeriksaan kesehatan gratis, gerai vaksinasi, pelayanan Posbindu PTM, Senam Prolanis, dan layanan BPJS Kesehatan.

Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, BPJS dan PMI itu digelar, Rabu (18/5/2022) di Taman Bustanussalatin (Taman Sari). Dan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Taman Sari.

Pantauan di lapangan, mulai dari PNS hingga masyarakat umum antusias hadir ke Taman Sari untuk mendonorkan darah mereka dan berpatisipasi pada kegiatan-kegiatan kesehatan lainnya. Tampak juga masyarakat memenuhi gerai vaksinasi dan memeriksa kesehatan secara gratis di tempat yang telah disediakan panitia.

Dalam sambutannya, Aminullah menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen yang telah berpartisipasi hingga suksesnya acara tersebut.

Kata Wali Kota Aminullah, kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk rasa syukur atas berbagai pencapaian yang diraih Banda Aceh hingga saat ini. “Kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kita atas pencapaian-pencapaian Banda Aceh selama ini. Covid-19 juga sudah mulai bisa dikendalikan, Kita bersyukur,” katanya.

Dikatakan Aminullah, pengendalian Covid-19 di Banda Aceh semakin membaik, hal tersebut dapat dilihat dari data dimana dalam sebulan terakhir tidak ada penambahan kasus poisitif di Kota Gemilang. “Kita saat ini sudah level I. Dalam sebulan tidak ada penambahan kasus. Saya dan kita semua tentu menunggu dalam dua hari ini Banda Aceh bisa ke zona hijau agar masyarakat kita bisa beraktifitas seperti biasa,” harap wali kota.

Dalam kesempatan ini, ia juga menyampaikan kabar yang menggembirakan, dimana Indeks Kesehatan Banda Aceh yang kembali meningkat yang ditandai dengan meningkatnya Indeks Keluarga Sehat (IKS)!yang mencapai angka 0,82. “Angka IKS mempengaruhi Indeks Kesehatan, yang kemudian juga jadi salah satu dimensi dasar penilaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kita sekarang IPM terbaik kedua nasional dari 514 Kabupaten/Kota se Indonesia. Angkanya mencapai angka 85,41,” ungkap wali kota.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang terus menjalankan prokes dan menerapkan pola hidup sehat hingga kualitas kesehatan masyarakat juga semakin meningkat.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota ikut mengundi doorprize yang disediakan Pemko untuk masyarakat yang berpartisipasi pada acara tersebut.

Wali Kota dan Forkopimda menuju ke panggung dan mengundi kupon doorprize. “Nomor 142, berhak mendapatkan sepeda motor,” ujar Wali Kota Aminullah sambil meminta pemilik kupon tersebut ke atas panggung.

Ibu Jamilah (59 tahun) tampak mengacungkan tangannya sambil berjalan menuju ke wali kota yang didampingi Forkopimda di atas panggung.

Jamilah adalah seorang IRT asal Gampong Sukadamai Lueng Bata. Ia adalah peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Puskesmas Batoh. “Ini sepeda motor untuk ibu, ini rezeki ibu. Gunakanlah sebaik-baiknya untuk transportasi ibu sehari-hari, bisa digunakan untuk anggota keluarga juga,” kata Aminullah saat menyerahkan sepmor tersebut.

Jamilah tak dapat menyembunyikan kebahagiaanya saat menerima doorprize tersebut. Ia mengaku sedang berulang tahun yang ke 59. “Saya bersyukur kepada Allah SWT atas rezeki ini. Saya sangat berterimakasih pada Pak Wali, saya sangat senang pak, ini jadi kado karena bertepatan dengan ulang tahun saya,” kata Jamilah.

Selain sepeda motor, panitia juga menyediakan doorprize dengan hadiah menarik lainnya pada acada donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis HUT Kota ke 817, seperti sepeda, kulkas, kipas angin hingga televisi.

Selain wali kota, doorprize juga diundi oleh Forkopimda, yakni oleh Dandim 0101/BS, Wakil Ketua DPRK dan unsur Forkopimda lainnya yang kemudian diserahkan kepada para pemenang setelah diundi sesuai dengan nomor masing-masing pemegang kupon.

Informasi dari Kadis Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, acara donor ini berhasil mengumpulkan 78 kantong darah dan sunatan massal dilakukan kepada 36 anak dari berbagai gampong di Banda Aceh.

Kata Lukman, vaksin dilakukan kepada 31 orang, penyuluhan dan prolanis 110 orang, pemeriksaan kesehatan 110 orang dan pemeriksaan lab 55 orang.[]

  • Bagikan