Ketua MPD Apresiasi Kepemimpinan Aminullah Usman

Mampu Dongkrak Kualitas Pendidikan Banda Aceh Bertaraf Nasional

Banda Aceh – Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Banda, Drs H Salman Ishak MSi, mengapresiasi kepemimpinan mantan Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE.Ak MM bersama Wakil Wali Kota, Drs H Zainal Arifin MSi yang baru saja habis masa jabatannya pada 7 Juli 2022 lalu.

“Kepemimpinan Bapak Aminullah Usman bekerja dengan sangat baik. Sesuai visi misinya mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam bingkai syariah, sektor pendidikan menjadi salah-satu pilar penting, selain sektor agama dan ekonomi,” katanya, Jumat, 8 Juli 2022.

“Selama ini, banyak dampak positif terhadap kemajuan pendidikan di Banda Aceh. Amin – Zainal pada masanya mampu mendongkrak kualitas pendidikan Banda Aceh bertaraf Nasional,” ujarnya.

Kota Banda Aceh sudah banyak mendapatkan penghargaan tingkat nasional dan internasional, katanya.

Ia mengungkapkan, di masa Aminullah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan turut menyumbang nilai Standar Nasional Pendidikan (SNP). Di mana berdasarkan hasil Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) yang dirilis oleh Kemdikbud RI awal Oktober 2020, diperoleh capaian rapor mutu SD dan SMP Kota Banda Aceh mencapai 92,39 persen atau kategori Baik Sekali.

Prestasi lainnya, Banda Aceh di bawah pimpinan Aminullah Usman mendapatkan penghargaan bergengsi di tingkat nasional, berupa penghargaan tertinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yaitu Anugerah Kihajar 2019 yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Didik Suhardi didampingi Kepala Kapustekkom Gogot Suharwoto.

“Prestasi ini sangat gemilang, dan sangat membanggakan. Capaian tersebut juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak,” sebutnya.

Salman pun berharap, agar mutu pendidikan menjadi prioritas utama dalam estafet pemerintah yang kini diamanahkan kepada PJ Wali Kota Banda Aceh, Bapak Bakri Siddiq.

“Seperti yang pernah diungkapkan Wali Kota Sebelumnya, Bapak Aminullah Usman,yaitu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dimulai dari kualitas pendidikan. Maka, kami pun siap mengawal dan menilai pelaksanaan kebijakan dan program pendidikan di Kutaraja sehingga dapat menciptakan generasi yang gemilang, generasi yang tetap memegang teguh terhadap nilai-nilai syariat,” ucapnya.