Aminullah: Angka Stunting Banda Aceh Sampai dengan Juni 2022 16,5 Persen, Terendah di Aceh

  • Bagikan

Apresiasi DP3AP2KB Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Ketua DPD PAN Kota Banda Aceh yang juga mantan Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman SE.Ak MM kepada NBA mengatakan, angka stunting di Banda Aceh saat ini terendah di Provinsi Aceh.

“Angka stunting Banda Aceh sampai dengan Juni 2022 yaitu 16,5 persen, terendah di Aceh. Ini hal yang perlu kita pertahankan bahkan dapat diturunkan lagi,” kata Aminullah, Kamis, 11 Agustus 2022.

Aminullah dan istri Nurmiaty, sebelumnya mendapat tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) Tahun 2022 (MKK) dari Presiden Jokowi. Keduanya mendapat apresiasi atas kepedulian dan dukungannya terhadap kemajuan program Keluarga Berencana (KB) dan kesejahteraan keluarga di Kota Banda Aceh.

Penghargaan dari pusat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) RI itu dihantar oleh Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd langsung ke kediaman Aminullah di Lampaseh Aceh, Jumat 15 Juli 2022.

Penghargaan tertinggi berupa piagam dan lencana diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada puncak Perayaan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) bersama BKKBN seluruh Indonesia, yang digelar di Medan, Rabu 6 Juli 2022 lalu.

Pada tahun 2021, Pemerintah Kota Banda Aceh di bawah kepemimpinan Aminullah Usman juga mendapat penghargaan terbaik dalam pelayanan Keluarga Berencana (KB) 2021 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Ada empat penghargaan yang diterima Banda Aceh, yakni Terbaik I Prevalensi Balita Stuntes (Tinggi Badan Menurut Umur) Berdasarkan Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, SSGI 2021, Kategori Inovasi Terbaik Indikator Pelaksanaan Pendataan Keluarga, Terbaik III Kategori Pelaporan Tepat Waktu Indilator Pengelolaan dan Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang KB, dan Terbaik III Gampong Lambhuk Banda Aceh Untuk Kategori Kampung KB Terbaik atas capaian Indikator Pelaporan melalui Website Kampung KB 2021.

“Ini hal yang membanggakan. Dan ini merupakan bentuk keseriusan kami dalam menjalankan amanah dalam melayani masyarakat saat itu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dari tahun 2021 angka stunting terus terjadi penurunan sebanyak 23 persen lebih turun, menjadi 16,5 persen per Juni 2022. Berbagai langkah upaya konkret dan progresif pun dilakukan terutama dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kualitas keluarga di Banda Aceh. Hal ini juga terbukti dengan capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dalam tiga tahun terakhir terus mengalami kemajuan.

Secara khusus, Aminullah Usman yang kini telah memasuki masa purna bakti menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencan (DP3AP2KB) Kota Banda Aceh.

“Saya dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada Dinas P3AP2KB kota yang sukses membawa Aminullah dan Nurmiati selaku Wali Kota dan Ketua PKK Banda Aceh periode 2017 – 2022 untuk menerima penghargaan ini,” pungkasnya.

  • Bagikan