Aminullah: Selamat HUT BAS ke-49

  • Bagikan

Aminullah Kisahkan Pimpin Bank Aceh Dapat Bangkit Dari Aset 660 M menjadi 13 T

Banda Aceh – Mantan Dirut BPD Aceh yang kini lebih dikenal Bank Aceh Syariah (BAS), H Aminullah Usman SE Ak MM, mengucapkan selamat hari jadi BAS yang ke-49.

“Selamat HUT Bank Aceh Syariah yang ke-49. Semoga semakin membanggakan dan semakin dirasakan manfaatnya oleh nasabah juga masyarakat pada umumnya,” ujar Aminullah dari Lampaseh, Sabtu (6/8/2022).

Aminullah juga mengapresiasi BAS yang terus berkembang pesat hingga sekarang ini. Ia menceritakan, sejak dirinya bekerja di Bank Aceh dari tahun 1984 sampai 2010 banyak perkembangan yang telah dicapai oleh Bank kebanggaan masyarakat Aceh itu.

“Pada tahun 2000 saya dilantik menjadi Dirut BPD Aceh pada saat itu, dengan aset awal 660 miliar. Alhamdulillah pada tahun 2010 asetnya itu sudah 13 triliun,” ungkapnya.

Sekilas Aminullah menceritakan, pada masanya masalah Bank Aceh cukup rumit, BUMD itu pun sempat ditangani oleh BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional).

Cavital Adequacy Ratio (CAR) minus 25 persen, yang dimana seharusnya diatas 8 persen. Kredit macet diatas lebih 15 persen, secara prosedur harus di bawah 5 persen. Dimana kondisi SDM tidak produktif, kesulitan likuiditas dan bank dalam kategori tidak sehat, BPD Aceh cukup terpuruk dan dalam keadaan rugi, kisahnya.

Namun, semua masalah mampu ia hadapi dan membawa Bank Aceh bangkit dalam kurun waktu 10 tahun.

Alumni Magister Management Unsyiah ini berhasil membesarkan Bank Aceh, dari jumlah aset awal Rp660 M menjadi Rp13 T. Dan Bank ini juga menjadi sehat hasil penilaian BI, meraih WTP penilaian akuntan publik.

Juga seluruh rasio keuangan bank Car, Npl, Ldr, bopo, dan lain-lain semuanya sehat, dan bank mampu meraih keuntungan besar saat itu hingga mencapai keuntungan Rp1 milliar perhari, sebutnya.

Aminullah melanjutkan, usai ia menjabat sebagai dirut, Bank Aceh terus menebar tren positif dan membanggakan. 10 tahun berselang usai dirinya pensiun pada 2010, sekarang Bank Aceh Syariah asetnya menjadi 29 triliun lebih.

“Saya merasa sangat bahagia dan bangga, dimana jajaran yang saya titipkan dulu mereka bisa kelola dengan baik, sehingga Bank Aceh terus berkembang pesat. Dengan kantor yang terus bertambah, karyawan dan asetnya pun terus bertambah. Ini adalah buah kerja keras, kita harapkan Bank Aceh lebih besar lagi dan menjadi Bank devisa di tingkat Nasional,” pungkasnya

Yang membanggakannya lagi, banker ini akhirnya menjadi Wali Kota Banda Aceh periode 2017 – 2022, di mana Aminullah sukses membawa seratusan lebih prestasi Nasional maupun Internasional bagi Pemko Banda Aceh. Diantara keberhasilannya yakni menurunkan angka kemiskinan yang awalnya sebesar 12 persen pada tahun 2016, menjadi 7,61 persen di tahun 2021.

Pencapaian ini pun terbukti dari hasil Indeks Pembangunan Manusia (IPM) secara Nasional menempati peringkat dua dengan nilai 85,71 persen dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia.[]

  • Bagikan