Zulkifli Hasan Usul Orang Miskin ‘Digaji’ Rp1 Juta per Bulan

  • Bagikan

Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengusulkan ke DPR agar masyarakat miskin bisa diberi bantuan Rp1 juta per bulan. Bantuan tersebut katanya lebih efektif ketimbang pemerintah menggelontorkan subsidi BBM dan kompensasi energi yang kini besarannya Rp502 triliun.

“Saya menyarankan subsidi itu subsidi tepat sasaran, subsidi itu subsidi orang. Kalau ada 35 juta orang miskin, subsidi 1 juta sebulan enggak apa-apa. Kalau Rp1 juta sebulan, satu tahun Rp360 triliun. Dia bisa beli bensin,” ujar Zulhas dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Selasa (30/8).

Zulhas mengatakan subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang digelontorkan pemerintah hingga Rp502 triliun masih dinikmati oleh orang kaya. Ia pun khawatir jika harga BBM tidak naik sekarang maka stabilitas APBN bakal terganggu di masa mendatang.

“Jadi saya termasuk punya pandangan kalau BBM diteruskan, itu nanti 2023 terjadi puncaknya malah bisa enggak karuan, APBN bisa terganggu, lebih berbahaya lagi. Jadi memang kalau mau berubah, sekarang” ujar Zulhas.

Kendati demikian, Zulhas berpendapat kenaikan harga BBM harus diimbangi dengan bantuan sosial kepada masyarakat tak mampu seperti bansos dan BLT dari pengalihan subsidi BBM sebesar Rp600 ribu kepada 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Nah itu tepat karena yang dapat itu memang yang memerlukan. Jadi itu pandangan saya soal BBM, asal sosialisasinya tepat, jelas, segera kasih bantuan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia mengatakan rencana kenaikan harga BBM masih dalam tahap proses Sebab, jika BBM tidak naik maka subsidi diperkirakan membengkak dari Rp502 triliun ke Rp700 triliun.

“Proses. BBM ini subsidi kita Rp500 triliun sampai Oktober. Jadi kalau enggak ada perubahan harga akhir tahun, naik lagi sampai Rp700 triliun,” ujar Zulhas. (cnnindonesia.com)

  • Bagikan