Pengurus DPW HIPSI Aceh Masa Khidmat 2022-2026 Resmi Dilantik

  • Bagikan

Banda Aceh – Ketua Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Gus Sulaiman resmi melantik kepengurusan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) HIPSI Aceh masa khidmat 2022-2026 di Hermes Palace hotel, Rabu malam, 31 Agustus 2022.

Gus Sulaiman dalam sambutannya menyebutkan pelantikan pengurus HIPSI Aceh di luar ekspektasi dirinya. Ketum HIPSI melihat DPW HIPSI Aceh sudah bekerja profesional dengan keterlibatan pihak Bank, Hotel, Eksekutif dan Legislatif serta para pelaku UMKM yang hadir mensupport HIPSI Aceh.

“Saya apresiasi pengurus HIPSI Aceh, acara kajian santripreneur seperti ini harus lebih sering kita laksanakan. Para pengurus saya harapkan dapat masuk untuk membangkitkan UMKM Pesantren di Aceh,” kata Gus Sulaiman, Rabu malam, (31/8).

Ketum HIPSI mengharapkan para pelaku usaha dikalangan santri untuk lebih sering bertemu dan saling kenal supaya dapat secara intens mendiskusikan pengembangan bisnis agar dapat berjalan lebih baik kedepannya.

“Bisnis harus diawali dengan saling kenal, ini penting. Semoga para pengurus HIPSI mampu menciptakan peluang kerja baru dan meningkatkan usahanya yang telah dijalani selama ini,” ujarnya.

Sementara itu Ketua HIPSI Aceh, Muhammad Balia mengatakan, kehadiran HIPSI di Aceh bukan hanya untuk sekedar menguatkan roda perekonomian di Aceh. HIPSI hadir untuk memompa semangat santri agar terus berusaha membangun Aceh lebih maju.

Pasca pelantikan, HIPSI Aceh akan segera menyusun sejumlah program kerja diantaranya melahirkan HIPSI Koperasi, HIPSI ngaji bareng santri dengan tema wirausaha dan melahirkan HIPSI go to Dayah se- Aceh.

Balia yang merupakan  CEO MBA Corporation ini akan memanfaatkan media sosial untuk membranding HIPSI Aceh. Seluruh santri yang memiliki usaha di Aceh dapat bergabung dengan HIPSI Aceh.

“Merk atau logo usaha akan kita branding dalam website hipsiaceh.com, jadi semua masyarakat akan lebih familiar dengan usaha para pengurus HIPSI Aceh,” ujar Balia.

Teknologi informasi akan menjadi jalan HIPSI mengembangkan potensi usaha para santri. Dengan adanya komitmen bersama mulai tingkat Pusat, Provinsi hingga ke Kabupaten/Kota maka kebangkitan UMKM santri di Aceh bukan sebuah hal mustahil.

“Kami menaruh harapan besar pada para santri,  khususnya di 23 Kabupaten/Kota se-Aceh dalam bidang wirausaha. Selain di bidang bisnis, para santri juga dapat berperan dalam pengembangan koperasi di pondok pesantren,” jelas Muhammad Balia.

Sambutan Pj Gubernur Aceh

Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Aceh, Azhari S.Ag., M.Si menuturkan, hubungan emosional yang kuat dengan kalangan Dayah diyakini akan membuat ekonomi Aceh semakin baik dan kuat.

Pada era modern seperti saat ini, pemanfaatan teknologi merupakan sebuah keniscayaan bagi dunia usaha. Dengan adanya teknologi, otomatis akan semakin memperluas jangkauan pasar para pelaku usaha utamanya di Provinsi Aceh.

Pemerintah Aceh mendukung penuh kehadiran HIPSI di Aceh, Pj Gubernur kata Azhari, akan memperkuat kemitraan dengan seluruh organisasi dunia usaha untuk penguatan ekonomi Aceh.

“Insyaallah Pemerintah selalu mendukung untuk memperkuat kemitraan bagi pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Hadir dalam pelantikan pengurus DPW HIPSI Aceh masa khidmat 2022-2026, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki diwakili Kadis Koperasi dan UKM, Azhari S.Ag. Kemudian Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddik, Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar, Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Husaini Huda.

Sementara Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto diwakili oleh Kadis Syariat Islam Aceh Besar. Dari UIN Ar-Raniry hadir Guru Besar Prof Syamsul Rizak beserta Kepala Biro UIN Ar-Raniry.

Dari kalangan ulama hadir Ketua MPU Aceh Abu Faisal, Tgk Daud Hasbi, Tgk H Tu Bulqaini Tunjungan, Tgk Muhibuddin, Tgk Umar Rafsanjani, Abuya Habibi, PCNU Banda Aceh Tgk Rusli Daud dan Ketua Huda Aceh Tu Sop Jeunib hadir secara virtual

Turut hadir juga Ketua Umum Partai SIRA Muslim Syamsuddin yang juga anggota DPRA, Kemudian Abdurrahman anggota DPRA dari Partai Gerindra. Selanjutnya ada Ketum Persaudaraan Aceh Serantau (PAS) Akhyar Kamil yang hadir langsung dari Jakarta.

Tamu lainnya hadir perwakilan Bank Syariah Indonesia, Perwakilan Bank Aceh hadir Direktur dana dan Jasa, Amal Hasan, Kabinda Aceh, Ketua Ormas, OKP, Banom NU, Ormas Islam Aceh,organisasi keagamaan dan para santri dari Aceh Besar dan Banda Aceh.

  • Bagikan