Aminullah: Pemasaran Produk UMKM Perlu Perhatian Pemerintah

Avatar
Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM.
Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM.

Saat Memimpin Kota Banda Aceh, Amin Sukses Dongkrak UMKM 95 Persen

Banda Aceh – Pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang sedang tumbuh dan berkembang pesat dengan kualitas yang semakin membaik perlu mendapat perhatian serius oleh Pemerintah, guna menggerakkan pelaku UMKM khususnya dari segi pemasaran produk.

“Para pelaku UMKM perlu didorong karena masih banyak yang belum mendapat perhatian serius dari Pemerintah terutama dalam hal pemasaran produk lokal.”

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM, Selasa (18/10) di Magelang, Jawa Tengah.

Ketika akses permodalan yang saat ini sudah banyak teratasi, mulai dari perbankan, perusahaaan, atau lembaga keuangan lainnya, yang seluruhnya sudah menganut sistem syariah yang sangat membantu para pelaku UMKM dalam mendapatkan akses permodalan. Kata Aminullah yang juga Katua DPD PAN Banda Aceh ini.

Namun, dari sisi pemasaran produk UMKM masih sulit dan perlu dukungan oleh pemerintah, misalnya melakukan kerjasama antar daerah, membuka akses pemasaran ke luar negeri, memperbanyak wisatawan dan tentunya yang terpenting adalah cinta produk sendiri. Ujar mantan Wali Kota Banda Aceh ini.

Dimasa Aminullah menjabat Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022, para pelaku UMKM menjulukinya sebagai “Bapak UMKM Banda Aceh” hal tersebut dikarenakan keseriusan dan komitmen Aminullah dalam membantu pelaku UMKM.

Aminullah mampu meningkatkan sektor pertumbuhan UMKM dari 8900 UMKM pada tahun 2016, menembus angka 17.300 UMKM dengan persentase 95 persen pada 30 Juni 2022.

Pemko Banda Aceh dibawah kepemimpinan Aminullah terus mendukung dan memberikan perhatian khusus untuk perkembangan sektor UMKM. Aminullah terus memberikan kemudahan kepada seluruh pelaku UMKM seperti perizinan dan memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan modal usaha, baik dari pihak perbankan, perusahaaan, atau lembaga keuangan lainnya.

Selain memudahkan permodalan, Aminullah juga terus mendorong jajaran SKPK Banda Aceh terkait dan Baitul Mal untuk membantu fasilitas pendukung berupa peralatan dan perlengkapan kerja serta membantu pula dalam hal pemasaran.

Khusus terkait pemasaran produk UMKM, Aminullah turut mendorong pihak-pihak pengusaha dan investor yang memiliki modal besar untuk menampung produk-produk UMKM lokal Banda Aceh.