Bakesbangpol Banda Aceh Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda

  • Bagikan

Bachtiar: Mari kita menyongsong pemilu serentak 2024 dengan politik ide dan politik gagasan

Banda Aceh – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Banda Aceh menggelar kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi generasi muda yang berlangsung di Arabia Hotel, Selasa (15/11/2022).

Kegiatan sosialisasi yang bertema “Menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kota Banda Aceh” dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran hak dan kewajiban masyarakat.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan Sekdako, Bachtiar, dan turut hadir Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, Kabag Tata Pemerintahan, Teuku Erwin Irham, Camat Kuta Alam, Arie Januar dan unsur muspika setempat.

Bertindak sebagai narasumber, Kepala Kesbangpol Kota, Heru Triwijanarko, Ketua Panwaslih, Afrida, anggota KIP Banda Aceh, Yushadi, dan Akademisi UIN Arraniry, Dr Erita Dewi S Ag M Hum.

Dalam sambutannya, Bachtiar menyampaikan bahwa keterlibatan pemuda dalam politik sangatlah penting. Sehingga negara harus bersungguh-sungguh dalam mendidik dan mempersiapkan anak muda untuk terus tumbuh melaju mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Salah satunya memfasilitasi ruang yang seluas-luasnya bagi anak muda untuk mengambil peran dan berkreatifitas,” katanya.

Ia juga mengajak stakeholder, pelaku partai politik, lembaga swadaya masyarakat dan organisasi kepemudaan untuk menebarkan energi-energi positif dan menyumbang ide serta gagasan yang kronstruktif dalam menyambut perayaan besar demokrasi di tahun 2024 nanti.

“Mari kita menyongsong pemilu serentak 2024 nanti dengan politik ide dan politik gagasan untuk Kota Banda Aceh yang lebih maju, cerdas, beriman, dan sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Banda Aceh Heru Triwijanarko, menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran hak dan kewajiban masyarakat untuk menggunakan hak dan kewajibannya dalam keikutsertaannya berpartisipasi di bidang politik.

“Sehingga menjadi pondasi dasar dalam berdemokrasi guna membangun kesadaran politik masyarakat terutama bagi generasi muda di Kota Banda Aceh,” kata Heru.

Sosialisasi pendidikan politik itu diikuti oleh 140 peserta yang terdiri dari mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) , mahasiswa FISIP UIN Ar-Raniry, unsur pemuda gampong dan unsur dari Bakesbangpol sendiri.

  • Bagikan