Simbol Kepemimpinan Dalam Suatu Organisasi

  • Bagikan

Oleh: Muhammad Aditia Rizki

Pemimpin adalah sebuah leader/ power (tiang penguat) di dalam sebuah organisasi atau instansi. Pemimpin memiliki kekuasaan, dan kekuasaan tersebut memiliki tanggung jawab yang luar biasa. Dimana pemimpin nerupakan tokoh utama dalam sebuah instansi/ organisasi. Adapun yang dimiliki pemimpin yaitu salah satunya memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain, sifat baik, efektif, efesien, produktif dan yang menjadikan contoh teladan di dalam instansinya.

Legitimate power merupakan kesepakatan anggota organisasi dalam menjalankan misi yang di capai untuk tujuan bersama. Rewort power yaitu kekuasaan untuk mengontrol atau memberikan penghargaan terhadap orang lain yang telah membawa nama baik di intansi ataupun di organisasi tersebut.

Birokrasi kekuasaan dan kewenangan yang dimiliki pemimpin sebagai akumulasi kehidupan organisasi yang rasional dalam melaksanakan setiap aktifitas, sehingga tindakan birokrasi hendaknya mengacu pada pertumbuhan rasional agar mampu mengendalikan diri dari kewengangan kekuasaan.

Kolaborasi serta saling terbuka merupakan unsur penting dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang ada. Jika tidak ada kekompakan dan kurang saling terbuka maka akan sulit lembaga itu untuk maju. Setiap manusia memiliki ide yang luar biasa yang membuat instansi maju, jika pemimpin memiliki sikap yang sangat egois akan berdampak buruk dalam instansi tersebut. Karena komunikasi yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula jika sebaliknya komunikasi yang buruk akan membuahkan hasil yang buruk juga.

Kebijakan yang dibuat oleh pemimpin akan menjadi acuan yang baik jika kebijakan tersebut untuk kebaikan. Jika untuk sebelah pihak maka kebijakan tersebut akan memberikan dampak yang buruk pada sekelompok orang di dalam sebuah instansi tersebut.

Kekuasaan bukanlah ajang saling hebat-hebatan, melainkan kekuasan yang ada seharusnya di pergunakan yang baik untuk menjadikan instansi tersebut hidup dari proses birokrasi yang baik dalam struktur yang penuh dengan tanggung jawab.

Harapanya dengan adanya sebuah paparan di atas, maka kerjasama dan memberikan kesempatan argumentasi dalam instansi/organisasi adalah solusi yang baik dalam memecahkan masalah, karena keegoisan seorang pemimpin bukanlah menjadikan instansi itu hidup, melainkan memberikan hasil serta dampak yang sangat buruk untuk kedepanya.

Penulis merupakan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Fisip UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

  • Bagikan