Aminullah Apresiasi LKMS Mahirah Muamalah Raih UMi Award 2022

H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM
H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM

Aminullah: MES Aceh Siap Bantu Kabupaten/Kota di Aceh Hadirkan LKMS

Banda Aceh – PT LKMS Mahirah Muamalah kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, lembaga keuangan milik Pemerintah Kota Banda Aceh itu berhasil meraih Penghargaan Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) Award 2022 oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Utama PIP Kemenkeu RI, Ririn Kadariyah dan diterima oleh Pengurus PT LKMS Mahirah Mumalah yang diwakili oleh Ketua Dewan Pengawas Syariah, Ahmad Nizam. (16/12) di Pos Bloc Jakarta.

Sebagaimana diketahui, LKMS Mahirah Muamalah merupakan dedikasi, kontribusi, dan karya nyata mantan Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM dalam membantu para pelaku UMKM di Banda Aceh mendapatkan modal usaha dengan sistem syariah. Selain itu, hadirnya LKMS Mahirah Muamalah juga tekad Aminullah dalam memberantas kemiskinan, pengangguran dan rentenir.

Sebelum LKMS Mahirah Muamalah hadir di Banda Aceh, survey menunjukkan 80% pelaku usaha berurusan dengan rentenir. Survey tersebut dilakukan di lima pasar besar di Banda Aceh. Saat Mahirah Muamalah resmi beroperasi sejak 27 April 2018, hingga Juli 2022 yang berurusan dengan rentenir hanya tinggal 2%.

Kehadiran Mahirah Muamalah mampu mengatasi persoalan permodalan dan kendala yang dirasakan para pelaku usaha kecil. Hal tersebut tampak dari hadirnya berbagai penghargaan dari tingkat nasional dan juga studi tiru beberapa Kepala Daerah ke LKMS Mahirah Muamalah.

Tidak hanya sekedar memberi solusi akan modal usaha, hadirnya Mahirah Muamalah juga berdampak positif pada peningkatan lapangan kerja baru, karena semakin banyak tumbuhnya UMKM. Di Banda Aceh pada tahun 2016, UMKM hanya ada 8.900. Saat Aminullah menjabat sebagai Wali Kota, Pemko Banda Aceh terus mendorong usaha mikro, kecil dan menengah itu terus tumbuh. Hasilnya UMKM terus bertambah jumlahnya dari tahun ke tahun, hingga Juli 2022 jumlah UMKM di Banda Aceh berhasil menembus angka 17.300, dan data terbaru di Bulan Desember 2022 jumlah UMKM di Banda Aceh sudah mencapai 31.613.

Pendiri LKMS Mahirah Muamalah, H Aminullah Usman SE Ak MM yang dihubungi media terkait penghargaan tersebut mengatakan, dirinya sangat bangga dan mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat kepada LKMS Mahirah Muamalah. Katanya, Minggu (18/12).

“Alhamdulillah, LKMS Mahirah Muamalah kembali meraih penghargaan di level nasional, terimakasih kepada seluruh nasabah atas kepercayaan kepada Mahirah Muamalah dan saya juga memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh jajaran Direksi atas kerja keras nya selama ini.” Ujar Aminullah.

Aminullah yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh ini juga mengajak agar Kabupaten/Kota se-Aceh dapat menghadirkan LKMS guna membantu serta mempermudah akses permodalan bagi sektor UMKM dan usaha produktif, serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Aceh, dengan harapan agar Aceh dapat terbebas dari belenggu kemiskinan.

“Hadirnya Qanun Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS) menjadi peluang bagi pemerintah daerah untuk memiliki LKMS, nantinya LKMS dapat dijadikan ujung tombak bagi pemerintah Kabupaten/Kota di Aceh untuk memicu pertumbuhan UMKM di daerah nya masing-masing, sehingga aktivitas ekonomi masyarakat semakin berdentum dan bangkit,” ungkap Aminullah.

Untuk itu, Aminullah menegaskan MES Aceh akan selalu siap untuk dapat bersinergi membantu Kabupaten/Kota di Aceh agar dapat menghadirkan LKMS demi membantu perekonomian ummat. Pungkasnya.