Zam Zam Khalila Raih Penghargaan Peserta Terbaik DIKLATPIMNAS III 2022 di Surabaya

Avatar
Zam Zam Khalila
Zam Zam Khalila

Surabaya – Mahasiswi semester 5 Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Zam Zam Khalila berhasil menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional, dengan meraih penghargaan sebagai peserta terbaik pada Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Nasional (DIKLATPIMNAS) III 2022.

DIKLATPIMNAS III 2022 yang berlangsung pada 5 – 7 Desember 2022 di Hotel GreenSA Surabaya tersebut merupakan agenda tahunan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Kegiatan ini diikuti oleh 73 aktivis organisasi mahasiswa (ormawa) dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia dengan mengusung tema “Lead, serve And Innovate: Islamic Higher Education Development Goals for Emmeeging Leader”. Adapun tahapan untuk mengikuti kegiatan ini ada dua tahap yaitu seleksi di Universitas & dari Diktis.

“Nah untuk proses seleksi nya ada beberapa tahap, yang pertama seleksi di Universitas dengan beberapa kriteria tertentu. Salahsatu nya adalah Pengurus Aktif Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (DEMA U), Senat Mahasiswa Universitas, Unit Kegiatan Khusus (UKK) atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), telah mengikuti DIKLAT PIMLAN/ sejenisnya, membuat satu artikel berdasarkan sub tema yang telah di tentukan dan lainnya. Kemudian dari 3 nama yang dikirim oleh Universitas di seleksi kembali hingga terpilihlah satu orang perwakilan delegasi dari masing- masing Universitas nya.” Tutur Gadis cantik kelahiran Aceh Tamiang 16 Juni 2003 ini, Rabu (07/12)

Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor: B-1106.2/DJ.I/Dt.I.III/HM.01/11/2022 Perihal Penetapan Peserta Terpilih DIKLATPIMNAS III Tahun 2022, maka Zam Zam Khalila resmi menjadi Delagasi UIN Ar-Raniry dalam kegiatan DIKLAT PIMNAS 2022 ini. Zam Zam Khalila pun lagi dan lagi berhasil mengharumkan nama UIN Ar-Raniry di kancah Nasional.

Sosok yang akrab disapa Khalila ini mengungkapkan rasa syukurnya karena berkesempatan mengikuti kegiatan bergengsi ini. “Pastinya sangat bersyukur dapat berkumpul dan belajar bersama aktivis-aktivis hebat dari seluruh Indonesia. Dan Alhamdulillah ‘ala kulli hal, saya mendapat penghargaan sebagai peserta terbaik dalam kegiatan DIKLAT PIMNAS 2022 ini. This spesial award for UIN Ar-Raniry khususnya Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Ar-Raniry.

Ia berharap semoga ilmu yang didapatkan dari DIKLATPIMNAS ini dapat di implementasikan dengan baik, bermanfaat bagi organisasi khususnya dan dapat menjadikan saya pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. (M Aditia Rizky)