Besok, Banda Aceh Car Free Day Kembali Digelar

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banda Aceh, Reza Kamilin
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banda Aceh, Reza Kamilin

Perumdam Tirta Daroy jadi sponsor utama

Banda Aceh РCar Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Banda Aceh kembali digelar pada Minggu, 15 Januari 2023, di kawasan Jalan Daud Beureueh. Setelah dua pekan ditiadakan, ruang publik tanpa kendaraan bermotor yang rutin digelar saban minggu ini, menjadi ajang yang paling ditunggu-tunggu masyarakat, tak terkecuali para pelaku UMKM. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq pun mengundang para pelaku UMKM untuk memenuhi lapak gratis yang telah disediakan di sepanjang Jalan Daud Beureueh, mulai dari Simpang Jambotape hingga Simpang Lima. “Mari para pelaku usaha (UMKM) jajanan kuliner, kopi dan minuman hits, dan yang memiliki usaha-usaha unik lainnya hadir untuk mempromosikan produknya pada event CFD minggu ini. Ayo penuhi Jalan Daud Beureueh hari Minggu nanti,” ujar Bakri Siddiq. 

Bakri menilai, CFD memberi dampak positif bagi masyarakat kota. Selain wahana olahraga dan rekreasi keluarga, manfaatnya juga dirasakan para pelaku usaha mikro kecil menengah. “Ayo ajak keluarga, kerabat, dan sanak-saudara agar bisa memanfaatkan ruang terbuka ini untuk Banda Aceh yang sehat dan lebih baik,” kata Bakri

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Banda Aceh Reza Kamilin, mengatakan, selain alasan PPKM, dua pekan ditiadakannya CFD disebabkan oleh beberapa persiapan teknis dan berkenaan hari libur Natal dan Tahun Baru. “Sesuai arahan Bapak Pj Wali Kota, kami diminta untuk mempersiapkan kembali secara teknis kegiatan CFD. Dan alhamdulillah, setelah dua minggu off, 15 Januari (hari minggu) ini kita buka kembali,” ungkap Reza. 

Reza Kamilin mengatakan, pekan ini Perumdam Tirta Daroy menjadi sponsor utama CFD Banda Aceh. Sejumlah event mulai dari senam jantung sehat, donor darah, pertunjukan seni tari Aceh, hingga penampilan musisi Aceh, telah dipersiapkan pihaknya di panggung utama, tepatnya di depan gedung DPR Aceh.