Aminullah Apresiasi USK Masuk 10 PTN Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2023

Avatar
Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM

Banda Aceh – Webometrics Ranking Web of Universities kembali merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia di Januari 2023. Dari hasil yang mereka rilis, ada 15 perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Webometrics merupakan sistem pemeringkatan untuk perguruan tinggi di dunia dalam hal kinerja dan dampak publikasi dengan memperhitungkan 3 indikator, yaitu Openness, Excellence dan Visibility.

Pemeringkatan Webometrics ini sering dijadikan acuan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke bangku pendidikan tinggi, khususnya bagi mereka yang mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) maupun Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur mandiri 2023.

Berikut 15 PTN terbaik Indonesia versi Webometrics Januari 2023:

  1. Universitas Indonesia (UI) Rangking dunia: 577.
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM) Ranking dunia: 678.
  3. Universitas Brawijaya (UB) Ranking dunia: 844.
  4. Universitas Airlangga (Unair) Rangking dunia: 978.
  5. Universitas Sebelas Maret (UNS) Ranking dunia: 1.038.
  6. Universitas Syiah Kuala (USK) Rangking dunia: 1.144.
  7. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Ranking dunia: 1.146.
  8. Institut Teknologi Bandung (ITB) Rangking dunia: 1.524.
  9. Institut Pertanian Bogor (IPB) University Rangking dunia: 1.694.
  10. Universitas Sumatera Utara (USU) Ranking dunia: 1.696.
  11. Universitas Lampung (Unila) Rangking dunia: 1.713.
  12. Universitas Andalas (Unand) Ranking dunia: 1.739.
  13. Universitas Riau (Unri) Ranking dunia: 1.780.
  14. Universitas Padjadjaran (Unpad) Ranking dunia: 1.857.
  15. Universitas Jenderal Soedirman Rangking dunia: 1.949.

Universitas Syiah Kuala (USK) sebagai perguruan tinggi negeri tertua di Aceh yang masuk pada peringkat ke-6 Webometrics Ranking Web of Universities tersebut mendapat apresiasi dari alumninya H Aminullah Usman SE Ak MM.

Kepada media ini, Aminullah mengaku bangga atas torehan prestasi USK tersebut. Katanya, Minggu (5/2).

“Alhamdulillah, sebagai universitas ‘Jantung Hati Rakyat Aceh’ yang mengutamakan mutu, USK telah mengintegrasikan nilai-nilai universal, nasional, dan lokal untuk melahirkan sumberdaya manusia yang memiliki keselarasan dalam antara IPTEK dan IMTAQ. Keseimbangan diantara keduanya menjadi komponen utama dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berbudi pekerti, menjunjung tinggi etika, estetika serta berakhlak mulia.” Ujarnya.

Hal tersebut pula yang mengantarkan datangnya berbagai prestasi-prestasi hebat dan gemilang, baik dari nasional hingga internasional kepada kampus, mahasiswa dan para alumni-alumninya. Hari ini, USK kembali memberikan kabar gembira kepada rakyat Aceh dengan masuk peringkat ke-6 Webometrics Ranking Web of Universities. Ungkap Ketua Umum Ikatan Alumni Akuntansi (IAA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK) ini.

“Saya sangat mengapresiasi capaian tersebut, terimakasih untuk segenap unsur di USK yang telah bekerja sepenuh hati dan dedikasi tinggi atas capaian tersebut, sehingga dapat diraih oleh kampus kebanggaan kita.” Ungkapnya lagi.

Mantan Wali Kota Banda Aceh yang mendapat dukungan dan harapan dari alim ulama, ustad muda, kaum duafa dan yatim, fakir miskin, dan para tokoh masyarakat di Aceh, agar dirinya maju sebagai Calon Gubernur Aceh di Pemilu 2024 mendatang ini mengajak, para calon mahasiswa yang ingin mengikuti SNBP, SNBT, dan jalur mandiri yang dibuka PTN, untuk tidak ragu memilih USK. Pesan Aminullah.