PT SBA Raih Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja dari Pemerintah Aceh

Avatar

Konsisten Jaga Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Aceh Besar – PT Solusi Bangun Andalas (SBA) menerima Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja Tahun 2022 dari Pemerintah Provinsi Aceh, atas keberhasilan kinerja mempertahankan secara total 4,148,643 Jam Kerja Orang (JKO) tanpa kecelakaan periode 1 November 2019 – 31 Oktober 2022. Penghargaan diberikan kepada Pabrik Lhoknga dan Packing Plant (PP) di Lhokseumawe pada 9 Februari 2023, di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Provinsi Aceh.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah menjadi prioritas utama SBA dalam menjalankan operasional bisnis. “Penghargaan ini semakin memotivasi kami untuk menjaga K3 secara konsisten, sehingga pada akhirnya menjaga ketersediaan layanan dan pemenuhan kebutuhan pembangunan di Provinsi Aceh”, ujar Anwar Bakti, General Manager Pabrik Lhoknga.

Secara rinci, PT Solusi Bangun Andalas Pabrik Lhoknga berhasil mempertahankan 3,310,691 jam kerja orang (JKO) nihil kecelakaan untuk periode 1 November 2019 – 31 Oktober 2022. Sedangkan PP Lhokseumawe berhasil mempertahankan 837,952 jam kerja orang (JKO) nihil kecelakaan untuk periode 1 November 2019 – 31 Oktober 2022. Secara khusus, PP Lhokseumawe telah menerima Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja empat kali berturut-turut sejak tahun 2019.

Dalam upaya menjaga konsistensi penerapan budaya K3 di wilayah operasionalnya, SBA melaksanakan berbagai program antara lain safety briefing pagi sebelum mulai kerja dan pergantian shift, Safety Gate Meeting dengan seluruh pekerja setiap bulan, program pengembangan kepada petugas K3 perusahaan kontraktor, pelatihan, penugasan, induksi K3, serta sirkulasi berbagai informasi terkait K3 di antara karyawan.

Memperingati Bulan K3 Nasional 2023, SBA menyelenggarakan beberapa kegiatan mulai dari donor darah, senam jantung sehat, pelatihan K3 industri bagi kalangan mahasiswa Teknik pertambangan dan beberapa kegiatan lainnya.

Tentang PT Solusi Bangun Andalas

PT Solusi Bangun Andalas (SBA) adalah anak perusahaan dari PT Solusi Bangun Indonesia Tbk – bagian dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG. SBA memiliki kapasitas produksi 1.8 juta ton semen per tahun. Perusahaan mengoperasikan pabrik terintegrasi di Lhoknga, dan fasilitas pengemasan yang berlokasi di Lhoknga, Lhokseumawe, Belawan, Batam and Dumai.

Memasarkan produk semen dengan merek Semen Andalas, perusahaan berkomitmen mendukung pertumbuhan perekonomian bangsa dengan inovasi dan solusi. Sebagai mitra terpercaya, perusahaan terus berupaya tumbuh bersama masyarakat melalui lima pilar CSR yaitu: SBA Cerdas, SBA Sehat, SBA Mandiri, SBA Lestari dan SBA Peduli. (REL)