Aminullah Usman Sosok Inspiratif Peduli Duafa

Avatar

Raih Serambi Demokrasi Awards 2023

Banda Aceh – H Aminullah Usman SE Ak MM kembali meraih penghargaan dari Harian Serambi Indonesia, bertajuk “Serambi Demokrasi Awards” 2023. Penghargaan tersebut diserahkan pada malam penganugrahan “Serambi Demokrasi Awards” yang digelar Jumat (17/3) di AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala (USK) Kopelma Darussalam, Banda Aceh.

Dalam malam penganugrahan tersebut, mantan Wali Kota Banda Aceh ini berhasil menerima anugerah dengan kategori “Sosok Inspiratif Peduli Duafa”, yang diserahkan oleh Pimpinan Perusahaan Serambi Indonesia, Mohd Din didampingi Pimpinan Redaksi Zainal Arifin kepada Aminullah Usman, yang disambut tepuk tangan para hadirin lainnya.

Bagi Aminullah, Serambi Awards bukan yang pertama kali diraih, karena di tahun 2021 ia telah mendapatkan penghargaan serupa dengan katagori “pendukung keterbukaan informasi publik” dan di tahun 2022 sebagai “Pioneer Ekonomi Anti Rentenir”

Usai menerima penghargaan tersebut, Aminullah mengucapkan rasa syukur dan mengaku semakin termotivasi melakukan gebrakan-gebrakan lainnya untuk masyarakat Aceh, khususnya kaum duafa, baik melalui Partai Amanat Nasional (PAN) dan belasan organisasi yang ia pimpin.

Aminullah juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Harian Serambi Indonesia atas penghargaan yang kembali ia terima ini. Dengan kembali meraih penghargaan dari Harian Serambi Indonesia, Aminullah mengaku semakin terpacu untuk terus melakukan yang terbaik, merancang program-program gemilang untuk dapat mewujudkan kesejahteraan bagi para duafa.

Dan sedikit mengulas tentang sosok Aminullah Usman yang merupakan pria kelahiran Seuradeuk, Woyla Timur Aceh Barat, 1 Agustus 1958 itu juga merupakan sosok anak kampung inspiratif dan berprestasi yang mendapatkan pengakuan dari Daerah, Nasional dan Internasional, melalui berbagai penghargaan dan award.

Aminullah dikenal sebagai sosok yang sederhana, ia selalu terbuka dan menghargai berbagai pandangan dari semua kalangan. Ciri khas yang sangat identik dari seorang Aminullah Usman adalah memiliki jiwa sosial yang tinggi, gigih, tak kenal lelah, disiplin tinggi, dan uniknya, ia selalu beristirahat tidur selama 4 jam, dari Pukul 00.00 – 04.00 WIB, serta selalu menghargai undangan kegiatan darimanapun. Dan sosok Aminullah sendiri selalu menjadi inspirasi keluarga, sahabat, masyarakat serta selalu membangun keluarga sakinah mawadah warahmah.

Menimba ilmu pendidikan di MIN Teunom Aceh Barat pada tahun 1973, MTSN Teunom Aceh Barat tahun 1975, SMEA Negeri Meulaboh Aceh Barat tahun 1977, Fakultas Ekonomi Universitas Syiahkuala tahun 1986 dan Magister Management Universitas Syiah Kuala tahun 2001, mengantarkan seorang Aminullah Usman menjadi pekerja tangguh yang memiliki komitmen tinggi untuk kesuksesan yang hasilnya memberikan manfaat bagi banyak orang.

Aminullah juga dikenal sebagai sosok yang multitalenta, mulai dari memimpin Bank Aceh periode 2000 – 2010, Wali Kota Banda Aceh periode 2017 – 2022 dan belasan organisasi masyarakat.

Saat menjabat sebagai orang nomor satu di Banda Aceh, Aminullah disebut-sebut sebagai ‘Bapak Duafa dan Yatim’. Bukan tanpa sebab, hal tersebut karena konsen dan tekad nya dalam berbagai program yang memperioritaskan kesejahteraan kaum duafa dan anak-anak yatim.

Teranyar, Aminullah berhasil membangun dan merehab 800 rumah layak bagi duafa dan yatim. Tak tanggung-tanggung, ia meluncurkan program bedah rumah duafa yang hanya dalam kurun waktu 10-15 hari rumah selesai di bedah dan diisi dengan perabotan serta perlengkapan/peralatan rumah tangga.

Bagi seorang Aminullah, kepedulian kepada duafa dan anak yatim merupakan bentuk solidaritas sosial dan wujud aksi nyata. Sekaligus bagian pendidikan karakter dan moral bagi semua untuk dapat lebih peduli terhadap kondisi yang dialami orang lain yang kurang beruntung.

Diperjalanan karirnya, Aminullah selalu menaruh atensi besar kepada para duafa dan anak-anak yatim melalui berbagai program prioritasnya yang bertujuan untuk kesejahteraan mereka.

Bagi seorang Aminullah, membantu sesama yang membutuhkan adalah sesuatu yang harus segera dilakukan dan tak bisa ditahan, hal tersebut sudah menjadi prinsip bagi dirinya sejak dahulu.

Dan atas segala dedikasi serta kerja nyatanya itu, Aminullah pun ditabalkan sebagai “Sosok Inspiratif Peduli Duafa” oleh Harian Serambi Indonesia, melalui “Serambi Demokrasi Awards” Tahun 2023.