Kelas XI MAN IC Aceh Timur Ikuti Home Stay Insan Cendekia Mengabdi di Gampong Nusa

Avatar

Aceh Besar – Sebanyak 95 siswa-siswi kelas XI MAN IC Aceh Timur mengikuti kegiatan “Home Stay Insan Cendekia Mengabdi” di Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga. Kegiatan yang berlangsung lima hari itu dimulai sejak tanggal 6 s/d 10 Maret 2023.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut merupakan kegiatan pengabdian masyarakat, di mana para murid akan tinggal di rumah warga dan ikut membantu orang tua angkatnya, serta memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan dan sosial.

Pantauan Humas MAN IC, para murid kelas XI selama home stay, turut belajar kerajinan tangan setempat, seperti menganyam dari daun kelapa, membuat layang-layang, belajar tarian rapai geleng.

Kemudian, sebagian juga ikut belajar membuat kue khas Aceh seperti kue Karah, kue emping dan pergi wisata sejarah ke rumah Tjut Nyak Dhien, dan berwisata pantai bersama warga setempat.

Kepala Madrasah yang diwakili oleh Kasfur Anwar, M Ag, selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan saban tahun dari Program Keasramaan madrasah yang dikhususkan untuk siswa-siswi kelas Xl.

“Kegiatan ini bertujuan agar anak kita ingin mengenal bahasa, budaya, keseharian dan kearifan lokal dari masyarakat tertentu. Di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini diadakan di daerah pesisir laut atau pedalaman desa,” ungkapnya.

Berbeda halnya dengan tahun ini, katanya, kegiatan home stay diadakan di daerah wisata tepatnya di kampung Nusa Aceh Besar yang belum lama ini dinobatkan sebagai desa wisata nasional oleh Kemenparekraf RI, Sandiaga Uno.

Di samping itu, siswa-siswi juga dilatih untuk bisa membuat beberapa kerajinan tangan, seperti membuat layang-layang, memasak masakan khas Aceh, mendaur ulang sampah, menganyam daun kelapa dan beragam hal lainnya, jelasnya.

“Melalui kegiatan ini, besar harapan kami mereka bisa membuat beberapa kerajinan tangan yg bernilai ekonomis nantinya,” kata Kasfur Anwar.

Selama kegiatan Home Stay, turut mendampingi para siswa yaitu sembilan guru dan satu team medis MAN IC Aceh timur: guru/ketua panitia pelaksana Kasfur Anwar M Ag, Irfan Dame S Pd, Surya Putra S Pd, Gr Ajis Prasetio S Pd, M Arif Munandar S Sos, Nurul Hidayatullah RB S Pd, Gr Zulkarnaini M Pd, Mastura S Pd I, Sri Diana S Pd dan team medis yakni Ns Zahrul Fuadi S Kep.