Dr Jalaluddin: USM Kirim 7 Mahasiswa Ikuti PPL-KKN Internasional di Malaysia

Avatar
Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Universitas Serambi Mekkah (USM), Dr Jalaluddin
Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Universitas Serambi Mekkah (USM), Dr Jalaluddin

BANDA ACEH – Universitas Serambi Mekkah (USM) melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional Angkatan ke-3 di Malaysia pada 14 Mei 2023 setelah sebelumnya Angkatan ke-1 dan ke-2 dilaksanakan di Thailand. 

PPL-KKN Angkatan ke-3 yang dilakukan di luar negeri ini, tepatnya di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh USM, untuk mengimplementasikan program MBKM dalam mengembangkan integritas dan kapabilitas mahasiswa di dalam mengemban tugas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada Masyarakat guna menerapkan ilmu yang telah diperoleh mahasiswa selama menjalani kuliah.

PPL-KKN di Malaysia juga merupakan bentuk kerjasama antara USM dan SIKL Malaysia. Selain memberikan kesempatan kepada mahasiswa USM mengembangkan potensi yang dimiliki untuk terjun ke masyarakat di luar negeri, kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan distribusi yang besar kepada kedua belah pihak, yaitu pihak Universitas Serambi Mekkah dan pihak SIKL Malaysia.

“Mahasiswa praktikan tidak hanya mendapatkan pengalaman mengajar sesuai dengan bidang keahlian mereka, melainkan juga belajar mengenai pengelolaan sekolah di negara yang dituju secara komprehensif.” Ujar Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama USM Dr Jalaluddin, didampingi Kepala Kantor Urusan Internasional USM Sabrina SPd MAppLing MTran.

Selain itu, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk tinggal bersama orang tua asuh atau di asrama sekolah bersama para guru atau mahasiswa setempat selama program berlangsung, sehingga mahasiswa memiliki tambahan ilmu pengetahuan tentang bahasa dan budaya negara yang ditinggali dan belajar cara menjembatani perbedaan budaya tersebut. Terang Dr Jalaluddin.

Mahasiswa USM yang dikirim untuk mengikuti PPL-KKN Internasional ini berjumlah 7 orang dari berbagai program studi. Kepala sekolah SIKL Friny Napasti SPd MPd menyampaikan dalam sambutannya, “SIKL sangat senang dengan adanya kerjasama ini karena bisa membantu proses pembelajaran akademik dan non-akademik dalam memberikan berbagai kontribusi, serta menerapkan ilmu-ilmu yang dipelajari mahasiswa di bangku kuliah.”

Semoga kerjasama ini bisa berkelanjutan. Dan kami juga berharap kepada mahasiswa PPL-KKN Internasional dari USM bisa benar-benar memberikan contoh teladan sesuai karakter dan budaya bangsa Indonesia. Pesan Kepala Sekolah SIKL.